Bupati Karo: Pemetaan Kawasan Rawan Bencana Perlu Dilakukan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pasca bencana longsor yang terjadi Kamis malam (26/08/2012) kemarin, bupati Karo Cory S Sebayang menuturkan turut berduka cita atas musibah yang telah menelan 5 (lima) korban jiwa dan selanjutnya perlu dilakukan pemetaan kawasan rawan bencana guna mengantipasi dan meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana. 

Hal ini disampaikan Bupati Karo didampingi Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting meninjau lokasi bencana tanah longsor di Laubawang, Kelurahan Padangmas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat sore (27/082021)

”Atas nama pemerintah Kabupaten Karo kami mengucapkan turut berduka cita atas kejadian bencana tanah longsor yang terjadi di Laubawang ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam membantu mencari jenazah korban,” kata Bupati Karo

Selain itu, Bupati Karo juga menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga terhadap segala bencana terlebih dimusim penghujan ini. Dari proses awal evakuasi dan selanjutnya pemkab karo melakukan pendataan terhadap korban serta kerugian material. Kabupaten Karo merupakan kawasan rawan bencana seperti longsor karena berada didataran tinggi dengan tanah perbukitan

“.Untuk itu BPBD Kab.Karo perlu melakukan pemetaan kawasan rawan guna mengantipasi dan meminalisir korban meninggal dunia dan kerugian material akibat bencana longsor maupun bencana lainnya, “ jelas Bupati Karo. 

Turut hadir dalam peninjauan lokasi bencana tersebut Dandim 0205/TK Letkol Kav. Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP. Yustinus Setyo. S.I.K beserta OPD dan Forkopimda lainnya yang terus bersinergi dalam penaggulangan dan penanganan bencana di Kabupaten Karo.

Setelah melaksanakan peninjauan di lokasi tanah longsor, Bupati dan Wakil Bupati Karo melepas jenazah korban tanah longsor di Rumah Sakit Umum Kabanjahe. jenazah diserahkan kepada keluarga korban untuk dikebumikan.

”Pemerintah kabupaten Karo mengucapkan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas kepergian para saudara-saudara kita yang tertimpa bencana tanah longsor ini,’ ungkap Bupati Karo.

Kepada keluarga yang tertimpa bencana kami harapkan agar untuk tetap sabar karena ini adalah bencana dan bukan kehendak kita, karena Tuhan lah yang mengatur semua kehidupan kita dan tetaplah berserah pada Tuhan,” tutup Cory S sebayang Bupati Karo.

Turut hadir dalam pelepasan jenasah tersebut Asisten Pemerintahan Caprilus Barus, Kalak BPBD Juspri Nadeak, Direktur RSU Kabanjahe dr. Arjuna , Kabag Humas Protokol F. Leonardo Surbakti, dan para keluarga korban. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini