Menapaki 69 Tahun,  USU Harus Jadi Universitas Berstandar Internasional Bercirikan  Keunggulan Lokal

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Menapaki usia 69 tahun pada 20 Agustus 2021 lalu, Universitas Sumatera Utara (USU) harus menjadi universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal.

Hal itu sejalan dengan Rencana Strategis USU tahap II 2020-2024.

Demikian Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi MSi Apt menegaskan hal tersebut saat dalam sambutannya selaku pembina dalam apel rutin di lingkungan USU yang berlangsung secara hybrid, Senin (23/8/2021).

Dikatakannya adapun yang sudah dilakukan berikut pencapaiannya, serta semakin serius memusatkan perhatian kepada perencanaan yang dilakukan untuk tahapan selanjutnya, sejalan dengan Rencana Strategi (Renstra) USU tahap II yang telah ditetapkan untuk 2020-2024.

Menurutnya, salah satu upaya yang dapat dimaksimalkan USU untuk mencapai tujuan tersebut dengan membuka ruang yang lebih luas bagi terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan Pemerintah maupun dunia industri/swasta. 

Hal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan tidak saja dalam percepatan program-program kerja yang telah ditetapkan dalam koridor Merdeka Belajar Kampus Merdeka, namun juga dalam meningkatkan pendapatan Universitas Sumatera Utara yang dimungkinkan oleh status USU sebagai PTNBH. 

Peningkatan pendapatan mutlak diperlukan sebagai pendukung utama terselenggaranya berbagai bentuk kegiatan akademik maupun non akademik berikut pengembangannya, juga tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Mengingat peningkatan pendapatan sangat signifikan dalam mendukung pencapaian kinerja pelayanan efektif

“Sepanjang Agustus 2021 ini, USU telah menjalin berbagai kerja sama penting yang ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan berbagai pihak dalam koridor pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berharap, agar semua program studi dan satuan kerja yang ada di USU dapat segera menindaklanjuti MoU yang sudah terjalin antara USU dengan mitra serta mengimplementasikannya dalam kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat,” paparnya.

Kegiatan kerja sama yang telah terjalin itu diharapkan dapat berperan dalam mendukung income generating USU, yang merupakan modal dan kekuatan yang dapat digunakan oleh Universitas Sumatera Utara dalam meningkatkan layanan pendidikannya sehingga dapat mewujudkan USU sebagai perguruan tinggi terbaik.

“Tidak kalah pentingnya upaya sungguh-sungguh yang harus kita lakukan dalam meningkatkan jumlah publikasi dari dosen-dosen kita pada jurnal-jurnal internasional bereputasi, serta memaksimalkan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi," ungkapnya. Kerja sama dalam kegiatan publikasi dan penelitian dengan perguruan tinggi lainnya dapat terus kita gencarkan, sehingga diharapkan dapat mendongkrak peringkat USU pada penilaian yang dilakukan oleh berbagai lembaga, baik di tingkat nasional maupun internasional,

Selain itu, ia juga mengingatkan inovasi merupakan salah satu bentuk tanggungjawab akademis yang harus diperkuat dan didukung agar produk inovasi yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. 

"Melalui produk inovasi, para akademisi dapat mengimplementasikan seluruh ilmu pengetahuan dan kompetensi yang dimilikinya sebagai jawaban atas berbagai permasalahan sosial yang tengah dihadapi bangsa ini," paparnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini