Update Covid-19 di Samosir, Tambah 26 Kasus Baru & 2 Meninggal Dunia

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir selaku ketua Satgas Covid-19 menyampaikan turut berdukacita atas meninggalnya 2 warga terpapar Covid-19 yaitu: 1. TS, (3/8), Pr (85), Sosor Dolok, Kecamatan Harian dan MS, (28/7), (Pr 76), Huta Godang Desa Sinabulan, Pangururan.

Sementara data Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Samosir, Minggu (8/8/2021), tambah 26 kasus baru; 31 sembuh, konfirmasi positif 1.392 sejak Tahun 2020.

Dari data di atas angka sembuh lebih tinggi dari angka kasus baru, berharap melalui perpanjangan PPKM mikro kasus per harinya dapat semakin menurun yang didukung oleh konsistensi secara nyata di lapangan setiap harinya.

Selain itu, penjagaan di setiap pintu masuk secara ketat; pelarangan pelaksanaan pesta adat istiadat pernikahan kecuali untuk acara adat meninggal dunia; dan pendisiplinan 5M (memakai masker; mencuci tangan; menjaga jarak; mengurangi mobilitas; dan menjauhi kerumunan) berhubungan erat dengan penurunan angka konfirmasi positif harian.

Karenanya, Rabu (11/8/2021) Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, para petugas jaga di pintu masuk ke Samosir perlu secara tegas tidak mengizinkan pelaku perjalanan masuk ke Samosir jika tidak melengkapi syarat-syarat yang diminta yaitu surat vaksin dan hasil rapid test 2×24 jam.

Berharap, meskipun PPKM mikro telah berakhir, pelaksanaan SOP bagi pelaku perjalanan tetap diberlakukan sebagai upaya pengendalian Covid-19 dan membuat Samosir kembali kepada zona hijau.

“Satgas Covid-19 berharap beberapa waktu ke depan penurunan angka kasus konfirmasi positif dapat ditekan dengan PPKM mikro secara ketat seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan (prokes)”, sebut juru bicara Satgas Covid-19, Rohani Bakara, Senin (9/8/2021).

Testing dan tracing tetap dilakukan untuk memastikan peta persebaran Covid-19 secara riil di Samosir.

Perkembangan Covid-19 di Samosir dengan rincian 26 kasus baru, 31 sembuh, dan 2 meninggal dunia. Kumulatif, kasus aktif 383 orang, meninggal dunia 35 orang sejak merebaknya Covid-19 2020 yang lalu.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini