Warga Beras Basah Kabupaten Langkat Rindukan Air Bersih Layak Minum

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Berada dikawasan tepian negeri yang berdekatan dengan bibir pantai, ternyata bukan menjadi jaminan akan kebutuhan air bersih terpenuhi. 

Berbagai macam kisah, dari air yang tercemar, air yang sedikit didapat, air yang jauh jangkauannya, hingga air yang berubah rasa, menjadi problema masyarakat pesisir pada umumnya.

Demikian pula halnya yang dirasakan warga yang berdiam diri di kelurahan Beras Basah. Beras Basah merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Dengan jumlah warga 2320 KK, merupakan tantangan terbesar bagi Zulkarnain selaku Kepala Lurah Kelurahan Beras Basah, Kec.Pangkalansusu, Kab. Langkat ini.

“Beberapa tahun yang lalu kita pernah ajukan bantuan Sumur Bor untuk masyarakat Beras Basah kepada pihak PLTU yang ada di Pangkalansusu ini, namun dari 2  kita ajukan baru 1 titik lokasi yang direalisasikan, hingga saat ini. Satu titik yang belum terealisai berada di Lingkungan VII. 

Yang mana warga di lingkungan ini masih menggunakan jasa penjual air bersih per jerigen untuk kebutuhan konsumsi air minum dan memasak, ujar Lurah yang pernah mendapat penghargaan Bintang Jasa Karya Setya oleh Presiden RI Ir. Jokowidodo.

Atas dasar laporan dari Relawan Masyarakat Relawan Indonesia dan Komunitas yang ada di Kab.Langkat, tim Aksi Cepat Tanggap Kota Medan pun melakukan assessment ke Beras Basah dan menemui Zulkarnain selaku Kepala Pemerintahan Kelurahan di Beras Basah. Bersamanya kita menyisiri beberapa lorong dan lingkungan warga yang ada di Beras Basah.

Di Lingkungan VII tim ACT dan Lurah bertemu dengan Pak Hasan, selaku sesepuh dan juga mantan kepala Lingkungan di Beras Basah. Beliau pulalah yang kemarin mengajukan titik lokasi rencana pembangunan sumur air bersih bantuan PLTU beberapa tahun yang lalu. 

Agar segera terealisasinya pembangunan sumur air bersih di lingkungannya, Pak Hasan pun bersedia dan mengikhlaskan agar lahan yang dimilikinya yang berada disisi kanan rumahnya di wakafkannya demi kemaslahatan masyarakat disekitarnya.

Bersama ACT Medan, semoga apa yang menjadi impian warga Lingkungan VII Kelurahan Beras Basah, Pangkalansusu mendapatkan sumur air bersih yang layak minum dapat terwujud. Untuk itu ACT akan berupaya menggerakkan hati para Dermawan Indonesia melalui campaign program di sosial media dan beberapa crowdfunding yang menjadi pihak ketiga dalam kegiatan ini, jelas Ilham selaku tim Program ACT Medan.

Dia berharap agar gerakan mampu mengajak para Dermawan berdonasi untuk mewujudkan berdirinya sumur air bersih untuk masyarakat Beras Basah ini.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini