Pemkab Samosir, Menerima 20 Ekor Kerbau Dari Pemprovsu

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menerima bantuan hibah 20 ekor kerbau dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Pemberian tersebut langsung di sambut baik Wakil Bupati (Wabup) Samosir Martua sitanggang dan langsung diberikan kepada peternak kerbau secara simbolis melalui kelompok Tani Saurdot, Jumat (3/9/2021), Samosir.

Dimana sinergitas Pemkab Samosir bersama Pemprovsu selama ini cukup baik dan akur. Dan pada bulan Mei lalu Pemkab mengajukan proposal berupa bantuan ternak yang ternyata telah membuahkan hasil 20 ekor kerbau.

Untuk penerima ternak tersebut yakni Kelompok Tani Saurdot di Desa Sarimarihit Kecamatan

Sianjurmulamula dan Kelompok Tani Melati Paristua di Desa Panampangan Pangururan Samosir.

Bantuan ini yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemprovsu.

Dari 8 kelompok tani se-Sumut, 2 kelompok tani mendapatkan masing-masing 10 ekor kerbau, 1 jantan dan 9 betina.

“Untuk itu mari kita syukuri  pemberian bantuan ini dan memelihara serta mengembangbiakkannya sehingga dapat dibagikan kepada kelompok tani lainnya,” ucap Wabup.

Atas pemberian tersebut, Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang mengapreasiasi Pemprovsu terhadap Samosir yang mendapat seperempat dari jumlah kelompok tani yang ditetapkan.

Lanjut Wabup mengatakan, bahwa realisasi penyerahan dilakukan hari ini merupakan hasil kerja sama yang dibangun Pemkab dengan Pemprovsu melalui komunikasi yang baik yang telah dijalin selama ini sejak mereka dilantik April lalu.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan diwakili Amrizal Batubara menyampaikan bahwa bantuan kerbau ini disertai ansuransi yang ditanggung oleh Pemprovsu serta kelompok tani penerima untuk mensiasati ketika terjadi gagal akibat sakit penyakit.

“Kita berharap pasca penyerahan kelompok tani tetap berkomunikasi dengan Dinas Pertanian (Distan) Samosir untuk mengatasi kendala yang dalam pemeliharaan dan pengembangbiakan,” pinta Amrizal Batubara.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menginfirmasikan kepada kelompok tani Samosir tengah menjalin kerja sama dengan beberapa bank untuk menyediakan pinjaman bagi peternak melalui sistem tanpa agunan serta setelah berhasil baru membayar pinjaman.

“Mengingat 82.5% masyarakat Samosir petani oleh karena itu dengan bantuan ini diharapkan para masyarakat petani/peternak dapat meningkatkan kesejahteraannya tentu dengan kesungguhan melakukannya,” jelasnya.

Di kesempatan itu, para ketua kelompok tani menyampaikan terima kasih kepada Pemkab dan Pemprovsu atas bantuan yang diterima dan berharap pada tahun-tahun mendatang dapat lebih ditingkatkan lagi alokasi bantuan ternak ke Samosir.

Wabup didampingi Plh. Kadis Pertanian, Sekdis Kominfo, Camat Sianjurmulamula, Camat Pangururan, Kepala Desa Sari Marrihit, Kepala Desa Panampangan, pendamping desa, dan kelompok tani.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini