Update Covid-19 di Samosir, Tambah 2 Kasus, Sembuh 31,Meninggal 3 Orang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM– Update kasus terkonfirmasi aktif di Samosir hari ini (3/9/2021), bertambah 2, sembuh 31 dan meninggal 3 orang, namun kasus aktif 76 orang.

Bupati Samosir ,Vandiko T. Gultom selaku ketua Satgas Covid-19 menyampaikan turut berdukacita atas meninggalnya 3 (tiga) warga Samosir terpapar Covid-19 yaitu 1. KS, (Lk, 63), Lumban Tonga Tonga Sigaol Simbolon Palipi Samosir, 2. EA, (Pr, 67), Sitio-Tio Sigaol Simbolon Palipi, 3. ES, (Pr, 65), Mogang Palipi Samosir.

Kiranya Tuhan tetap menolong keluarga yang ditinggalkan dengan penghiburan-Nya yang ilahi.

Satgas Penanganan Covid-19, tetap mengajak seluruh masyarakat agar fokus pada pencegahan, pengendalian serta penanganan Covid-19 dan mempedomani Instruksi Bupati (Inbup) Samosir Nomor 6 Tahun 2021.

Target penanganan Covid-19, atas penurunan ke level 2 disertai pengendalian yang hati-hati. Pencapaian ini pastilah berdasarkan akumulasi penurunan angka kasus harian yang disertai angka kesembuhan tinggi.

“Harga yang harus kita bayar adalah pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan konsisten; penundaan pelaksanaan adat istiadat/pesta pernikahan; mematuhi aturan pembatasan pada rumah makan, transportasi, dan tempat-tempat kerumunan lainnya; penjagaan pintu-pintu masuk; dan pemastian aturan-aturan bagi pelaku perjalanan mengikuti prosedur dan syarat yang telah dikeluarkan,”katanya.

Di samping itu, Satgas juga berfokus pada percepatan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal minimal 80% dari jumlah penduduk. Selain itu, Satgas tengah mempersiapkan tempat Isolasi Terpadu (Isoter) bagi para warga yang terpapar Covid-19.

Jika terjadi lonjakan secara serta merta, Satgas akan mengumpulkan para warga terpapar di satu tempat untuk mencegah transmisi yang lebih lagi akibat lemahnya pengawasan bagi warga yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dimana Satgas akan memberi pembekalan teknis bagi pelaksana Isoter guna menyediakan kesiapan teknis untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus. Kemudian, melaksanakan kebijakan yang disertai pengawasan dan pelaporan yang berbasis data akurat untuk pembuatan kebijakan lanjutan.

Menurut rencana, Senin (5/9/2021) Satgas mengujicoba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PPMT) di beberapa sekolah yang telah memenuhi persyaratan teknis. Secara mendasar, para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) telah menerima vaksin demikian juga para peserta didik. Dengan dasar ini dan instrumen-instrumen kelengkapan lainnya, Satgas berharap pelaksanaan PPMT ini berjalan dengan baik dan tidak terjadi transmisi dalam kegiatan sehari-hari.

“Mari laksanakan PPKM Level 3 hingga 6 September sambil mengambil tindakan pelonggaran-pelonggaran yang terkendali selama pandemi ini dengan harapan pembaikan keadaan dapat terjadi dengan kehati-hatian yang terus menerus”, ucapnya.

Berikut data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Samosir, Jumat (3/9) yakni, Suspek: 1, Probable: 0, Kasus Aktif: 76 orang.

Isolasi Mandiri: 72 Orang, Meninggal Dunia: 50 orang. Kumulatif kasus 1596 sejak 2020 lalu.

Perkembangan pelaksanaan total yang telah divaksin sejumlah 77.500 orang, yang sudah tuntas divaksin (dosis 1 + dosis 2) sebanyak 26.131 orang, yang belum divaksin dosis 2 sebanyak 51.369 orang. Untuk persediaan sebanyak 974 vial Vaksin Sinovac, 21 vial Aztrazeneca dan 81 vial Moderna dan total pelaksanaan vaksinasi sebanyak 1.044 orang. Dosis 1: 889, Dosis 2: 140 orang. Dosis 3: 15. (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini