Sukses Pembukaan PON XX Tidak Terlepas Andil PLN

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Suksesnya upacara pembukaan PON XX Papua, yang resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura pada Sabtu (2/10/2021), tidak terlepas dari kontribusi dan kesigapan PT PLN dalam menyediakan listrik yang andal.

Jokowi mengaku bangga dapat membuka PON pertama di Tanah Papua. 

PON XX Papua memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON menjadi panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai NKRI.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melalui Manager Komunikasi PLN UIW Sumut Yasmir Lukman di Medan, Senin (4/10/2021) mengatakan, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait atas kelancaran acara tersebut.

” Alhamdulillah, pasokan listrik untuk upacara pembukaan PON terbukti andal. Kesuksesan gelaran PON XX Papua ini menjadi bukti kesetaraan dalam kemajuan seperti yang disampaikan oleh Presiden. Keandalan listrik PLN tak hanya ada di Pulau Jawa atau Sumatera, tapi juga di Papua,” kata Zulkifli.

Selama persiapan menuju upacara Pembukaan PON XX Papua, Dirut PLN turun langsung meninjau kesiapan kelistrikan. Untuk memastikan keandalan listrik selama PON XX Papua, PLN telah meningkatkan kompetensi para petugas PLN terutama di 230 titik strategis yang tersebar di 4 klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Merauke.

“Jadi bukan hanya para atlet yang tengah berlomba meningkatkan prestasi. Insan PLN pun berpacu mengukir prestasi dan memperkuat kompetensinya untuk masa depan kelistrikan Indonesia. Selamat berlomba bagi para atlet dan juga jajaran PLN di Papua. Torang Bisa!,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan keandalan listrik tidak hanya selama PON berlangsung, tetapi juga seterusnya bagi masyarakat di Papua, dan seluruh Indonesia pada umumnya.

Sementara itu Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda menjelaskan, kecukupan daya di empat klaster PON XX Papua sejak awal dipersiapkan dengan keamanan serta keandalan yang baik.

Sistem khusus ini sebelumnya sukses diterapkan di Jakarta dan Palembang pada Asian Games 2018, di mana PLN berhasil mengawal kelistrikan tanpa kedip.

Di sisi lain, cadangan suplai listrik untuk acara yang dihadiri oleh 10.000 penonton ini berasal dari PLTD Waena melalui GI Sentani.

“Semangat kami mengupayakan titik yang kritikal tidak boleh kedip. Terutama untuk acara pembukaan dan titik pertandingan lain yang jumlahnya 45 itu,” paparnya.

Secara keseluruhan untuk pembukaan PON XX Papua, PLN menyiapkan pasokan listrik sebesar 2,2 MW. Dalam mendukung upacara pembukaan, PLN pun menyiapkan sistem layanan listrik tanpa kedip di area khusus.

Mendukung sistem kelistrikan saat pembukaan PON di Stadion Lukas Enembe, PLN menyiapkan secara keseluruhan, 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW hingga 500 kW. Selain itu, 55 unit gardu berjalan (UGB), 45 unit UPS Mobile, 7 unit kabel bergerak (UKB) dan 4 unit kabel dan kubikel bergerak (UKKB).

Selama PON XX, PLN menerjunkan tim pengamanan pasokan kelistrikan 1.574 personel.

PLN juga memberi dukungan dalam menyukseskan PON XX, seperti biaya pembangunan infrastruktur kelistrikan dan keandalan hingga Rp 308,5 miliar, dan sponsorship senilai Rp 5,5 miliar. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini