PT Tirta Sibayakindo Monitoring Jamban Sehat Bersama Stakeholder Kabupaten Karo

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Tahun 2021 PT. Tirta Sibayakindo Berastagi (PT. TSI) sebagai produsen air minum dalam kemasan, melanjutkan kegiatan Open Defecation Free (ODF) di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dimana tahun 2020 lalu telah dilakukan inisasi pemicuan ODF di desa tersebut. Kegiatan ODF tetap berjalan bersama masyarakat untuk mencapai tujuan desa menerapkan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 

Tentunya saat ini tantangan yang dihadapi Indonesia terkait pembangunan kesehatan masyarakat khususnya dalam bidang higine dan sanitasi masih sangat besar. Perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak untuk bersama-sama meningkatkan taraf sanitasi yang baik bagi masyarakat.

Acara monitoring pembangunan jamban sehat 2021 bersama stakeholder Kabupaten Kari diselenggarakan oleh Yayasan Cipta Fondasi Komunitas (CFK) sebagai mitra pelaksana program (Corporate Social Responsibility) dari PT. Tirta Sibayakindo Berastagi dilaksanakan pada Hari Jumat, 08 Oktober 2021 bertempat di Jambur Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.

“Pada hari ini akan dilakukan diskusi terkait rencana Deklarasi Desa ODF dan monitoring terhadap pembagunan 7 unit Jamban Sehat yang telah selesai dikerjakan oleh penerima manfaat. Pada tahun 2021 ada 7 unit jamban telah diselesaikan dari target 10 unit jamban sehat. 

Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembangunan jamban sehat ini yaitu dikarenakan status kepemilikan lahan yang tidak jelas dan bukan kepemilikan sendiri. Sehingga tidak diperkenankan melakukan pembangunan jamban di lahan dari 3 keluarga di Desa Semangat Gunung”, kata Monides Sagala, Community Development Officer (CDO) Yayasan CFK saat menyampaikan sambutan pembuka acara.

Acara monitoring dilakukan dengan mengundang stakeholder terkait yakni dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Pemerintahan Kecamatan Merdeka dan Puskesmas Merdeka dengan tujuan untuk mendiskusikan kendala-kendala yang ada di lapangan selama menjalankan program ODF di Desa Semangat Gunung.

“Desa ini merupakan desa tujuan wisata di Kabupaten Karo sehingga sudah seharusnya desa ini menjadi Desa ODF serta tak ada lagi masyarakat yang melakukan buang air besar sembarangan. Tempat usaha dan permandian juga seharusnya memiliki toilet yang dilengkapi dengan Septic Tank sehingga tidak mencemari aliran air dan lingkungan", ujar Bagekin Ginting, SKM, Staf Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Karo.

Menurut beliau, pembangunan jamban sehat yang dilakukan CFK dan AQUA untuk mendukung capaian dan tujuan agar Desa Semangat Gunung menjadi desa 100% ODF dan tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan. Apabila tercapai, maka desa ini akan menjadi desa yang bersih dan sehat, sehingga semakin banyak wisatawan yang merasa nyaman untuk datang berkunjung. Selain itu, akan berpotensi untuk mendatangkan atau menarik minat investor untuk membuat berbagai usaha di desa Semangat Gunung.

Staff Kecamatan Merdeka, Rosliana Br Karo-Karo mengapresiasi program dukungan pembangunan jamban di Desa Semangat Gunung dan berharap jamban dapat digunakan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Mengamini terselenggaranya deklarasi Desa ODF, Ramli Rudi Siagian, perwakilan CSR PT. Tirta Sibayakindo menyampaikan bahwa pembangunan jamban sehat yang dilakukan oleh AQUA ini untuk mencapai salah satu pilar STBM yaitu Stop BABS di Desa Semangat Gunung. 

Beliau juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 lalu telah dilaksanakan juga pembangunan jamban sehat sebanyak 12 unit yang digunakan oleh 15 KK dan pada tahun ini akan diserahkan material kepada 7 kepala keluarga penerima manfaat. Besar harapan dari program ini agar masyarakat Desa Semangat Gunung dapat melakukan Stop BABS sehingga desa ini dapat mendeklarasikan desa 100% ODF.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan diskusi bersama seluruh peserta yang hadir mengenai Rencana Deklarasi Desa ODF yang dipandu oleh Ibu Elmida br Tarigan, Staf Kesehatan Lingkungan Puskesmas Merdeka untuk membahas kendala-kendala di lapangan dalam proses memenuhi persyaratan Deklarasi ODF dimana telah dibentuk juga Tim Verifikasi ODF Desa Semangat Gunung 2021 dengan Ketua Bapak Alatta Perangin-angin. Berikutnya, banyak hal dari hasil diskusi untuk melengkapi beberapa dokumen, seperti membuat peta sanitasi dan SK Tim Verifikasi. 

Staff dan perangkat Desa Semangat Gunung juga meminta dukungan untuk pengadaan material jamban umum di salah satu lokasi permandian yang digunakan masyarakat setempat demi mendukung lancarnya deklarasi ODF ini.

Acara ditutup dengan melakukan kunjungan langsung ke jamban sehat warga Desa Semangat Gunung tujuannya untuk memantau dan memberikan dukungan kepada pemilik jamban agar selalu menggunakan jamban sehat dengan baik dan rajin membersihkannya.(SKR/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini