Bupati Samosir: Berikan Informasi Penentuan Titik Nol Peradaban Batak

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir ,Vandiko T. Gultom diwakili Kadis Budpora Waston Simbolon membuka acara Forum Group Discussion (FGD) di Hotel Sitio-tio Kecamatan Pangururan.

“Sudah sepatutnya berperan aktif untuk peningkatan harkat dan martabat bangso batak berlandaskan nilai-nilai luhur tumbuh serta berkembang untuk masyarakat yang dapat ditetapkan sebagai titik nol peradaban bangso batak melalui legalitas formal yang nantinya akan ditandangani dengan monumen dan prasasti sebagai daya tarik wisata berbasis budaya,” beber Waston.

Hal ni merupakan strategi objek wisata budaya dengan memberikan sertifikat kepada setiap wisatawan yang berkunjung, yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan daerah dan masyarakat Samosir.

Kemudian pentingnya menentukan keberadaan titik nol peradaban batak yaitu untuk mencapai visi kemajuan budaya nasional yang berlandaskan keanekaragaman guna mencerdaskan, mendamaikan serta mensejahterakan yang telah ditetapkan dalam agenda strategis kemajuan budaya.

Berharap kepada seluruh pengurus lembaga adat dan budaya, komunitas serta kumpulan marga yang hadir pada Forum Group Discussion dapat memberikan informasi tentang cerita/sejarah titik nol peradaban batak sebagai dasar dokumen kesepakatan untuk memperkaya informasi maupun data penentuan titik nol peradaban batak.

Sebagai narasumber pada Forum Group Discussion yaitu Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara DR. Ketut Wiradnya, Ketua Majelis Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir (PAS) Pantas Marroha Sinaga, serta Tokoh Adat. (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini