Komite II DPD RI Tampung Aspirasi Masyarakat Karo

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara untuk menampung aspirasi masyarakat dan meninjau dampak erupsi Gunung Sinabung, Senin (13/12/2021). Kunjungan kerja ini dipimpin Wakil Ketua Komite II Lukky Semen, SE, yang dihadiri anggota DR. Badikenita Putri Br Sitepu SE, M.Si, Riri Damayanti Jhon Latief dan Mamberob Y. Rumakiek.

Dalam Kunjungan kerja ini dilakukan pertemuan dan rapat  bersama Bupati Karo Cory S Sebayang, para Kepala Dinas dan Stakeholder jajaran beserta Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Serta dialog langsung dengan Kepala Desa Kuta rayat perwakilan Kecamatan Naman Teran, Kepala Desa Kutambelin Kecamatan Tiga Panah dan Desa Kutambaru Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo di Aula Kantor Bupati Karo.

Wakil Ketua Komite II Lukky Semen, SE Senator asal Sulawesi Tengah dan DR. Badikenita Putri Br Sitepu SE, M.Si, Dapil Sumatera Utara menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai solusi atas permasalahan-permasalahan di Kabupaten Karo dengan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan, serta menyampaikan catatan permasalahan di Kabupaten Karo terkait dampak pasca erupsi Gunung Sinabung.

Para Kepala Desa juga menyampaikan aspirasinya terkait permasalahan sulitnya pupuk subsidi, bantuan bibit, air, bedah rumah dan relokasi pengungsi korban erupsi gunung sinabung. Beberapa aspirasi berhasil dihimpun Komite II DPD RI, seperti permasalahan akses jalan yang menjadi kendala bagi Kementerian PUPR maupun proposal untuk bedah rumah.

Pada kesempatan mengenai pertanian, Subkoordinator Pupuk Bersubsidi Kementan, Diah Paramita, menyampaikan bahwa kuota pupuk subsidi tahun 2021 berkurang dari tahun sebelumnya. Bantuan saprodi tahun 2021 untuk Kabupaten Karo berupa 64 ribu liter pupuk hayati cair yang mengakomodir sekitar 12 ribu hektare. Untuk kuota bibit telah dikoordinasikan dengan Dinas pertanian Sumatera Utara.

Menanggapi pernyataan perwakilan Kementan, Lukky Semen SE mengatakan persoalan ketersediaan pupuk terutama pupuk bersubsidi tidak hanya terjadi di Kabupaten Karo saja tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. 

“Kami berharap Pemerintah Daerah juga mengawasi alur distribusi pupuk di daerahnya masing-masing,” kata Lukky Semen.

Terkait permasalan relokasi pengungsi BNPB menjelaskan telah merealisasikan bantuan rehabilitasi dan relokasi bagi masyarakat terdampak erupsi gunung sinabung guna pemulihan dan relokasi pengungsi. Ada permasalahan terkait dana yang tidak terpakai yang belum dikembalikan Pemerintah Kabupaten Karo. Hal ini akan menghambat administrasi dan bantuan selanjutnya. Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Karo Ir Nasib Sianturi menjawab bahwa dana yang tidak terpakai tersebut belum dikembalikan karena belum diperiksa oleh BPK RI.

Menyingkapi permasalahan tersebut Lukky Semen, SE mengatakan, "hal ini akan dilegislasikan ke pusat agar kelanjutan permasalahan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung dapat diselesaikan".

Setelah pertemuan tersebut kepada awak media Lukky Semen, SE menerangkan bahwa kunjungan kerja ini guna menjawab permohonan aspirasi masyarakat di Kabupaten Karo. Berdiskusi dengan masyarakat, Pemerintah Karo, Kementrian dan lembaga terkait. Permasalahan masyarakat ini harus diselesaikan dan yang belum selesai akan diadvokasi ke Pemerintah pusat serta memback-up Pemerintah Kabupaten Karo agar permasalahan tersebut dapat dituntaskan.

"Seperti permasalahan pengungsi atau dampak erupsi Gunung Sinabung yang belum selesai antara BNPB dengan Pemkab. Karo, permasalah ini sudah clear dan akan diselesaikan sampai ke pusat," kata Lukky Semen.

Menambahkan DR. Badikenita Putri Br Sitepu SE, M.Si, mengatakan bahwa Komite II DPD RI akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait agar permasalahan yang timbul serta dampak erupsi Gunung Sinabung dapat segera terselesaikan. Aspirasi ini menandakan kerinduan masyarakat, untuk itu dilakukan rapat bersama agar tidak ada miskomunikasi dan informasi. Dengan evaluasi dengan kelengkapan dokumen serta ikut serta kebersamaan masyarakat dan Pemkab.Karo menjadi titik terang agar setiap permasalahan dapat selesai. 

"Mari kita bersatu dengan menghilangkan kepentingan tertentu untuk mendorong kembali kebangkitan kejayaan Kabupaten Karo yang merupakan pengekpor hasil pertanian yang baik di pasar Eropa dan Asia," tutup Badikenita Putri Br Sitepu. SKR

Bupati Karo Cory S Sebayang mengapresiasi kunjungan kerja Komite II DPD RI dan berharap agar permasalahan masyarakat dan erupsi Gunung Sinabung yang selama ini terjadi di Kabupaten Karo dapat terselesaikan. 

Setelah pertemuan tersebut, rombongan Komite II DPD RI melanjutkan perjalanan menuju Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo guna meninjau masyarakat dan dampak erupsi gunung sinabung.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini