Rektor USU: Natal Jadi Energi Penggerak' Wujudkan Pembangunan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) berharap momentum perayaan Natal dapat menjadi energi penggerak dalam pembangunan untuk mewujudkan Indonesia maju, adil dan sejahtera.

Demikian Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi dalam sambutannya pada Perayaan Natal Oikoumene tahun 2021 dengan mengusung tema “Be Strong to Share Loves and Peace” di Chapel USU, Minggu (12/12/2021). Perayaan ini diisi dengan khotbah Pastor Jose Carol dan dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi.

”Meski masih di dalam kewaspadaan dan di bawah bayang-bayang pandemi yang belum sepenuhnya usai, saya berharap, agar kita semua dapat memperbarui dan meningkatkan semangat persaudaraan, toleransi dan penghormatan tulus di antara umat beragama yang ada di Indonesia,” paparnya.

Rektor juga dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat Natal kepada seluruh sivitas akademika Kristiani USU. 

Ia menambahkan, Indonesia merupakan negeri yang rakyatnya diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memeluk agama yang berbeda, dan hak tersebut dijamin undang-undang. 

Maka semestinya akar kemajemukan Indonesia itu dirawat dengan terus mengembangkan semangat kebersamaan di atas pluralism yang ada. 

“Di dalam perbedaan ini, kita harus mampu menemukan titik persamaan yang merekatkan kita sebagai sebuah bangsa yang bahu-membahu dalam menyokong pembangunan. Dengan persatuan, percayalah, kita pasti akan mampu mencapai tujuan besar yang diicita-citakan para founding fathers kita di masa lalu,” ungkapnya.

Di lingkungan USU, rektor mengajak memupuk sikap toleransi dan saling menghargai, agar tidak sampai dibenturkan  kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Keberagaman merupakan kunci kekuatan yang sangat besar untuk mendukung upaya-upaya kita dalam mengejar tujuan luhur. Untuk USU, tujuan tersebut dipusatkan pada pengembangan kampus menjadi perguruan tinggi berstandar internasional, berciri keunggulan lokal,” paparnya.

Dengan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 ini, Dr Muryanto mengimbau agar seluruh sivitas akademika semakin merapatkan barisan, menyatukan visi dan bahu-membahu dalam memajukan USU.

“Saya meyakini, setiap kita menyimpan potensi besar yang bila disatukan akan menjadi kekuatan luar biasa bagi USU untuk mewujudkan seluruh rencana-rencana strategisnya agar diakui sebagai perguruan tinggi bereputasi dunia. Mari kita berdoa semoga hal tersebut dapat segera direalisasikan,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Perayaan Hari-hari Besar Kristen USU Prof Dr Albiner berharap perayaan Natal ini dapat menguatkan solidaritas seluruh civitas akademika USU, untuk dapat berdamai dan menguatkan cinta kasih dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Ke depan, kita di keluarga besar USU semakin menunjukkan prestasinya untuk satu tujuan kita, USU menuju internasionalisasi kampus melalui publikasi ilmiah dan karya tulis inovatif yang bisa memberikan solusi,” tukas Prof Albiner. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini