Universitas Asahan Wisuda 454 Sarjana Angkatan XXVIII

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan diwakili Asisten II, Drs Muhilli Lubis menghadiri Wisuda 454 Sarjana angkatan XXVIII Universitas Asahan (UNA) di halaman kampus UNA, Sabtu (18/12/2021).

Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono mengatakan untuk merespon perubahan visi Kemendikbudristek dan perkembangan pasar kerja di era revolusi industri 4.0, UNA telah melakukan penyelarasan arah pembangunan mengacu statuta UNA dan rencana induk pengembangan UNA tahun 2006 – 2025. Sesuai visi UNA “menjadi universitas yang unggul bidang pendidikan dan eco-socia-environment dalam menghasiikan lulusan yang inovatif dan berkepribadian”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, tahun 2021 UNA meluncurkan program utama “akselerasi perubahan menuju UNA unggul”. Bercermin dari kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi UNA, telah diimplementasikan 8 program :  reakreditasi program studi dan institusi UNA, peningkatan layanan pendidikan tinggi berbasis IT, mutu layanan pembelajaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sarana internet, kualitas LPM dan LPPM UNA, kerjasama riset dan pengabdian dengan lembaga dan Pemkab Asahan.

Ketua Yayasan UNA, Mapilindo MPd menyampaikan saat ini saudara telah berhak menyandang gelar yang sebenarnya memilki nilai tambah bagi saudara dan lingkungan. Untuk itu anda semua harus dapat menempatkan diri khususnya cara berpikir harus menjadi terstruktur dan produktif hingga anda dapat menghasilkan karya nyata bagi masyarakat. Amalkan ilmu dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan agar bahagia, selamat di dunia dan akhirat.

Kabid Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan Dikti, Heriyanto MSi mengatakan peningkatan kualitas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) termasuk UNA tidak hanya dilihat dari kuantitas lulusan, namun utamanya kualitas kelulusan.

Pemerintah telah memberikan bantuan terhadap peningkatan kualifikasi pendidikan bagi dosen tetap PTS yang telah memiliki NIDN : beasiswa kepada dosen kejenjang S3, sertifikasi dosen, tunjangan profesi bagi dosen yang memiliki jabatan fungsional dosen minimal assisten ahli dan bantuan penelitian kepada dosen muda berprestasi dan dosen menghasilkan penelitian bermutu.

PT harus mematuhi : akreditasi prodi maupun akreditasi institusi untuk menentukan kelayakan atau tidaknya sebuah PT dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan mengeluarkan lulusan.

Muhilli Lubis mengatakan Pemkab Asahan bangga dan apresiasi UNA dengan status terakreditasi “B” telah banyak meluluskan sarjana, baik dari Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ini membuktikan penyelenggaraan pendidikan telah memenuhi standar Nasional.

Atas nama Pemkab Asahan, saya ucapkan selamat sukses dan bahagia khususnya kepada anak-anak dan saudara-saudari sudah menyelesaikan program pendidikan. Semoga memberikan manfaat besar bagi kepentingan pembangunan bangsa dan negara.

Fakultas Teknik 69 orang (Prodi Teknik Sipil 22 orang, Prodi Teknik Mesin 22 orang, Prodi Teknik Informatika 25 orang). Fakultas Pertanian 61 orang (Prodi Agroteknologi 53 orang, Prodi Budidaya Perikanan 8 orang).

Fakultas Ekonomi 120 orang (Prodi Manajemen 112 orang, Prodi Pembangunan 8 orang). Fakultas Hukum 65 orang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 139 orang (Prodi Matematika 28 orang, Prodi Bahasa Inggris 46 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia 65 orang). (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini