Ketua KNPI Sumut El Adrian Shah Terima SK Pengurus IPTI Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ketua DPD KNPI Sumut Eldrian Shah menerima SK Pengurus Wilayah Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI) Provinsi Sumatera Utara Periode 2021-2026  di kediamannya Jl.Karya Budi No.9 Medan Johor,Jumat (7/1/2022).

SK diserahkan Ketua PW IPTI Sumut Drs.Khairul Muslim,MD didampingi Sekretaris Muhammad Ikhwan Harahap,S.Kom,Wakil Sekretaris Aswani Hafit dan Biro Organisasi Imam Fauzi Siregar.

Khairul menjelaskan, PW IPTI Sumut periode 2021-2026  telah ditetapkan berdasarkan SK Nomor : 024/SK- PW/PB - IPTI/XII/2022 yang ditandatangani Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IPTI Dr.H.Muhammad,SE,MM dan Sekretaris Jenderal Drs.Mappa Tutu serta dilantik secara virtual (zoom meeting)  pada 30 Desember 2021 di Sekretariat Jl.Surya Haji Lau Dendang Deli Serdang Sumatera Utara.

Penyerahan SK PW IPTI Sumut penting untuk data dan  legalitas  Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP)   yang bernaung di wadah KNPI Sumut.

Sejak berdirinya KNPI 23 Juli  1973, IPTI organisasi pemuda yang bernaung di KNPI. Masa kepemimpinan Ketua KNPI Sumut Bahdin Nur Tanjung,Firdaus Nasution,Rolel Harahap , kader IPTI sering dipercaya menjadi Pengurus KNPI Sumut.

Khairul memandang perlu kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan pemuda, tidak berjalan sendiri-sendiri. KNPI sebagai Rumah Besar Pemuda Indonesia sebaiknya  menggagas kegiatan besama  organisasi kepemudaan sesuai kebutuhan daerah dan kepentingan nasional  sehingga kehadiran KNPI benar-benar dirasakan secara optimal.

Ikhwan menjelaskan, keberadaan IPTI (Pemuda Tarbiyah) tidak terlepas dari Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) yang didirikan Syekh Sulaiman Arrusuli 5 Mei 1928 di Sumatera Barat setelah beliau pulang dari Makkah bersama KH.Hasyim Asyari (pendiri NU) dan KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah).

Tarbiyah-Perti menganut faham  Ahlussunnah Wajamaah dengan mazhab Imam Syafi'i dan bergerak di bidang pengembangan pendidikan Islam, dakwah, sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi umat.

IPTI sebagai garda pemuda akan mewujudkan  misi Tarbiyah-Perti sebagaimana yang dicita-citakan Syekh Sulaiman Arrasuli,ujar Ikhwan.

Sementara Ketua KNPI Sumut Eldrian Shah sejak lama mengetahui keberadaan IPTI dalam perannya di KNPI. Eldrian berharap IPTI dapat menguatkan KNPI sebagai wadah berhimpunnya pemuda.

Memang diakui Eldrian, keberadaan KNPI yang terpecah empat kepengurusan. Dari satu sisi fakta membuktikan para pemuda memang mencintai KNPI tapi di sisi lain kita prihatin.

"Mudah-mudahan ke depan KNPI dapat bersatu dan menyatukan dirinya dalam satu kepengurusan tunggal sehingga KNPI benar-benar menjadi Rumah Besar Pemuda Indonesia,ujar El.

El  juga menyampaikan telah berusaha maksimal supaya ada Peraturan Daerah (Perda) di Sumut tentang kepemudaan agar jelas regulasi dalam pembinaan pemuda termasuk anggaran kegiatan kepemudaan seperti yang sudah ada Perdanya di Provinsi Papua dan NTB.

Saya akan berjuang maksimal agar Perda Kepemudaan dapat diterbitkan.Kita membutuhkan kajian hukum  dan kajian akademik  dari akademisi  perguruan tinggi", sebut El  didampingi Sekretaris KNPI Sumut Syaiful.(Rel/MSC)





Share:
Komentar

Berita Terkini