Sekretaris USU Lepas Mahasiswa KKN-PPM ke Langkat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - 191 mahasiswa peserta KKN-PPM USU dari Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian USU diberangkatkan ke Kabupaten Langkat, Senin (21/3/2022)

Para mahasiswa dilepas Sekretaris Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar MKed (OG)SpOG(K) mewakili Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi di Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Senin.

Sekretaris universitas mengatakan, program KKN-PPM di masa pandemi Covid-19 ini dimaksudkan agar USU turut serta menyukseskan program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menanggulangi dampak yang ditimbulkannya.

“Selain itu, melalui program ini mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studinya dan diorientasikan untuk memiliki keterampilan abad 21 yang diperlukan di era Industri 4.0 antara lain komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, juga logika komputasi dan kepedulian,” tuturnya.

Program KKN-PPM ini juga diharapkan merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mewujudkan kemajuan pembangunan Bangsa Indonesia sesuai dengan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Saya mengimbau agar seluruh peserta dapat bersungguh-sungguh dalam menjalani dan melaksanakan program KKN-PPM ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap melalui program ini akan terjalin kolaborasi yang berkelanjutan antara USU dengan institusi pemerintah dan institusi swasta yang berada di lingkungan Kabupaten Langkat. 

Menurutnya, kolaborasi ini juga akan bermuara pada terimplementasinya Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“Seluruh pihak yang terlibat akan berkontribusi dalam merespon perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, kebutuhan masyarakat, serta kebutuhan pengguna lulusan, serta teraplikasinya spirit Tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter Bintang,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris LPPM USU Meuthia Nauly, SPsi MSi Psikolog menjelaskan, para mahasiswa yang diberangkatkan ini sebelumnya telah diberikan pembekalan khusus pengelola KKN dan Tim BKK mengenai kompetensi apa saja yang harus dipahami. Menurutnya, masyarakatlah yang akan menjadi guru mereka ketika menjalani KKN-PPM untuk melihat bagaimana kondisi daerah.

“Kompetensi yang harus dimiliki meliputi kepekaan dan cara menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Dari masyarakat mereka akan belajar kepekaan, belajar kenyataan, bagaimana mereka bersikap,” ucapnya.

Sekretaris LPPM USU berharap, melalui program ini akan terbangun lulusan berkarakter Bintang dengan kemampuan kecerdasan yang terolah sesuai ilmiah dan bidang keilmuannya masing-masing, serta memiliki softskill dan karakter yang baik.

“Komposisi kepribadian yang punya nilai positif ini nantinya akan mewakili USU ketika masuk ke masyarakat,” pungkasnya.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini