Babak Akhir US, Siswa Diimbau Tidak Konvoi & Corat-coret

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ujian Sekolah (US) yang dahulunya dikenal Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang sedang berlangsung serentak untuk siswa Kelas XII seluruh sekolah di Sumut tengah memasuki babak akhir. Di mana, untuk SMAN 1 Medan berakhir, Senin (25/4/2022) dengan mata pelajaran (mapel) Seni Budaya dan Matematika Peminatan untuk jurusan IPA dan Seni Budaya serta Sejarah Peminatan untuk kelas Jurusan IPS.

"Kami imbau kepada seluruh siswa kelas XII SMANSA yang US nya berakhir Senin ini agar tidak melakukan budaya coret-coret baju sekolah dan melakukan konvoi keliling kota," ujar Kepala SMAN 1 Medan Sabar SPd MSi didampingi Wakil Kepsek Bidang Humas Sudirman Sormin MPd kepada wartawan ketika ditemui, Jumat (22/4/2022).

Dikatakannya, hal itu merupakan aksi negatif  terlebih untuk saat ini. Lebih baik bajunya disumbangkan kepada juniornya. "Khususnya kepada siswa juniornya yang kurang mampu," ungkapnya hal ini sudah mulai dilaksanakan sejumlah siswa sekolahnya yang mengumpulkan pakaian bekasnya untuk diserahkan kepada siswa juniornya yang kurang mampu.

Ini, ungkapnya, baru merupakan kegiatan yang bermakna dari pada mencoret coret baju.

"Demikian juga konvoi atau arak arakan keliling kota kami harap para siswa tidak melakukannya sebab mengganggu arus lalulintas," paparnya seraya menyampaikan ini merupakan tindakan selain mengganggu lalu lintas juga merupakan kegiatan yang berbahaya.

Karenanya, ungkapnya, jauh-jauh hari pihak sekolah sudah mengingatkan para siswanya agar tidak melakukan tindakan-tindakan negatif itu.

"Alangkah baiknya jika seluruh siswa fokus mempersiapkan diri guna mengikuti Ujian Test Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan berlangsung pada Mei 2022 ini. Terlebih bagi siswa yang belum beruntung masuk di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," paparnya.

Lebih lanjut disampaikannya, jadwal dan tahapan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 dimulai pada Rabu (23/3) sampai dengan Jumat (15/4).

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 dibagi menjadi 2 gelombang dan dilakukan melalui portal.ltmpt.ac.id.

Siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun dapat mengikuti UTBK 2022.

Sebelum mendaftar, calon peserta UTBK-SBMPTN 2022 harus membuat dan memiliki akun LTMPT terlebih dahulu.

Pelaksanaan UTBK ini memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar, dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

Adapun registrasi akun LTMPT mulai 14 Februari – 17 Maret 2022. Lalu sosialisasi UTBK-SBMPTN  mulai 1 Desember 2021 - 15 April 2022. Selanjutnya pendaftaran UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022.

Kemudian pelaksanaan UTBK Gelombang I  17 - 23 Mei 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang II  mulai 28 Mei - 03 Juni 2022.

Pengumuman Hasil SBMPTN 23 Juni 2022. Masa Unduh Sertifikat UTBK 25 Juni hingga 31 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu ia juga menegaskan para siswa yang ikut US belum tentu semuanya lulus. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi siswa supaya lulus antara lain mengikuti seluruh pelajaran yang disampaikan guru selama ini.Sikapnya baik dan mengikuti US.

"Ini berdasarkan peraturan dari pusat," paparnya seraya menyampaikan setelah US guru akan melaksanakan rapat pleno menentukan kelulusan siswa di sekolahnya. Setelah itu dilaksanakan pada 5 Mei 2022, kemudian 9 Mei dibagikan Surat Keputusan Lulus (SKL) sementara.

Ia juga menegaskan usai US nanti tidak ada dilaksanakan perpisahan sekolah karena masih dalam kondisi Covid-19.

Nantinya pihak sekolah hanya melaksanakan temu ramah secara virtual kepada seluruh siswa.

Sebelumnya, Wakasek Bidang Humas SMANSA Sudirman Sormin mengutarakan, pada hari pertama US sekolahnya ditinjau langsung Gubsu H Eddy Rahmayadi didampingi Plt Kadisdiksu Lasro Marbun.

Dalam peninjauan itu Gubsu berpesan dan berharap pelaksanaan ujian berjalan dengan tertib dan lancar.

Para guru memberikan soal sesuai materi pelajaran  yang diterima siswa.

Ia juga meminta para guru mengawasi pelaksanaan ujian dengan benar dan berintegritas, memberikan nilai yang sebenarnya, jangan sampai soal ujian bocor.

Lebih lanjut Sormin juga menyampaikan US berbasis komputer di sekolahnya dibagi dalam dua gelombang baik untuk kelas IPA dan IPS. Gelombang I dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.45WIB. Lalu gelombang kedua dimulai pukul 10.15WIB sampai pukul 12.50WIB.

Adapun jumlah peserta US sebanyak 396 siswa dimana jurusan IPA 330 siswa dan jurusan IPS 66 siswa."Kita berharap semuanya lulus," ungkapnya.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini