Jalur Mudik & Libur Lebaran di Berastagi Kabupaten Karo Padat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Selang 3 (tiga) hari setelah Lebaran 1443 M/ 2022, arus mudik di jalur Medan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara terpantau padat. Rabu, 4 Mei 2022 kembali terjadi peningkatan volume kendaraan yang tinggi. Ruas jalan tak hanya dipenuhi pemudik melainkan wisatawan yang berlibur di Berastagi dan lokasi wisata lainnya.

Kawasan terjadi kemacetan di beberapa titik yang menjadi prioritas, terutama di jalur utama di Berastagi terpantau kendaraan bermotor padat merayap. Di antaranya di kawasan Panatapan, persimpangan Desa Doulu, depan Micky Holiday, Bukit Kubu, Pajak Buah, dan Tugu Perjuangan Berastagi. Untuk masyarakat yang ingin melintasi wilayah Berastagi, mengambil jalur alternatif dari simpang Tugu Perjuangan Berastagi ke Desa Jaranguda menuju simpang Pelawi Tahura atau sebaliknya.

Salah seorang warga Kabanjahe Kabupaten Karo Fifin yang melintasi Berastagi menuju Medan mengatakan dirinya dan rombongan terjebak kemacetan dengan antrean kendaraan yang cukup panjang.

"Kami berangkat dari Kabanjahe sekira pukul 19.30 WIB namun terjadi kemacetan berjam-jam di di Berastagi dan akhirnya baru tiba di Simpang Pelawi menuju Simpang Doulu sekira pukul 23.00 WIB," kata Fifin.

Terlihat personel gabungan Polres Tanah Karo, Kodim 0205/TK dan Dishub Kab.Karo sibuk mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan dengan mengarahkan ke jalur alternatif dan mengimbau pengendara untuk tertib lalu lintas. Operasi Ketupat Toba 2022, Polres Tanah Karo siap mengawal perjalanan mudik masyarakat agar berjalan tertib dan aman.

Untuk wilayah Kabupaten Karo menuju beberapa daerah lainnya seperti Kabupaten Simalungun, Dairi dan Pakpak Bharat kemacetan berada di Kecamatan Tigapanah. Seperti diketahui, pada setiap hari libur pada umumnya, kawasan tersebut selalu dipadati kendaraan bermotor.

Bagi pemudik dan wisatawan dari Medan yang mengarah ke Dairi, Pakpak Bharat dan Simalungun, dapat langsung mengambil jalur mulai Tugu jeruk Tahura yang akan tembus ke Kecamatan Tigapanah.

Selain itu jalan raya Medan Berastagi juga rawan bencana longsor, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab.Karo Natanail Peranginangin mengatakan jalur mudik dan libur lebaran dari Medan menuju Kabupaten Karo terdapat beberapa titik yang rawan bencana. Kawasan rawan longsor di Kabupaten Karo di seputar Penatapan hingga Taman Hutan Raya (Tahura) Kecamatan Dolat Rayat Kabupaten Karo.

"Jalur mudik di Karo yang rawan di seputaran jalan Medan-Berastagi, tepatnya di sekitar Penatapan ke Tahura bang. Masyarakat pengguna jalan diimbau untuk tetap waspada mengingat hujan sering terjadi beberapa hari terakhir ini," sebut Natanail Perangin-angin.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini