Pemkab Asahan Studi Tiru ke-Pemko Yogyakarta

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan bersama Wakil Bupati (Wabup) Asahan dan pejabat serta Camat se-Kabupaten Asahan mengunjungi Pemerintah Kota (Pemko) Yogyakarta dalam rangka studi banding peningkatan pelayanan kepada masyarakat mulai tanggal 22 Juni hingga 25 Juni 2022.

Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin, mengatakan sebagai lembaga pemerintah. Camat dituntut untuk berperan serta dalam setiap proses tahapan perumusan kebijakan tentang perencanaan pembangunan daerah. 

“Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan inovasi pelayanan, "katanya

Syamsuddin juga menjelaskan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Dalam Bab XXI bertajuk Inovasi Daerah. Bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintah. Pemerintah daerah dapat melakukan inovasi serta Peraturan Mendagri No. 04 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya mengatakan bahwa kunjungan studi tiru adalah untuk mengoptimalkan pelayanan dan inovasi.

“Kami berharap Pemko Yogyakarta dapat membantu dalam memberikan informasi tentang Pelayanan serta Inovasi Kecamatan di Pemerintah Kota Yogyakarta, "ungkapnya.

Senada, Walikota Yogyakarta melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Yogyakarta, Aman Tunawijaya, mengapresiasi Pemkab Asahan yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Senang menerima kunjungan dari Pemkab Asahan dan nantinya akan saling tukar informasi terkait pelayanan kepada masyarakat, "sebutnya.

Dijelaskan Aman Tunawijaya juga menjelaskan bahwa Luas Jogya 35,5 km persegi 417 ribu penduduk, APBD 2,7 Triliun, PAD 650 milyar. Reformasi birokrasi sejak 2015 telah berjalan,  assesor, agent of change, pola pikir budaya kerja, telah diterapkan. Merit sistem diterapkan secara bertahap dan nama jabatan telah ditetapkan tidak lagi ada nama jabatan staf di Yogyakarta.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini