Diskominfo Asahan Gelar Bimtek Pengelola Website OPD

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Drs. Muhilli Lubis  membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Website OPD Se-Kabupaten Asahan tahun 2022, bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Kabupaten Asahan, Selasa (5/7/2022).

Pembukaan bimtek tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, S.H., M.M., narasumber dari STMIK Royal, Dosen Tetap Prodi Sistem Komputer, Sahren, M.Kom dan Nasrun Marpaung, M.Kom.

Bupati Asahan yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Drs. Muhilli Lubis dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan telah banyak memberikan perubahan dan kemudahan-kemudahan dalam kehidupan manusia. 

Terlebih lagi dalam mendapatkan informasi dan komunikasi dapat dilakukan di manapun tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.  Sehingga informasi dapat diperoleh  dengan cepat dan mudah dengan  kata lain kita sudah berada di era  digital dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan dipermudah dengan adanya teknologi.

“Pemerintah juga berpartisipasi dalam mempergunakan teknologi ini yang salah satunya adalah pembuatan website pemerintah daerah. Website atau situs web pemerintah daerah merupakan salah satu media informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah memperoleh akses terhadap informasi dan layanan pemerintah daerah, "katanya.

Sejak tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Asahan sudah memiliki website resmi, dilanjutkan dengan pembuatan website OPD pada tahun 2018. Namun kondisi saat ini, website OPD belum optimal dimanfaatkan, yang kemungkinan disebabkan oleh kurang memahami untuk keperluan apa website tersebut dibuat dan bagaimana cara melakukan  pemantauan website (penggunaan dan penampilan serta pemutakhiran informasi pada situs website).

Muhilli Lubis juga mengatakan melalui kegiatan Bimtek Pengelola Website OPD Se-Kabupaten Asahan tahun 2022 ini, Pemkab Asahan berharap agar seluruh peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat mengaplikasikannya di OPD masing-masing.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, S.H., M.M., menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini dimaksud untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah Daerah dalam mengelola website daerah. 

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dan peserta kegiatan ini berjumlah 70 (tujuh puluh) orang yang terdiri dari perwakilan dari setiap OPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan,” tegas Syamsuddin.

Salah satu narasumber Nasrun Marpaung, M.Kom, menyampaikan bahwa Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet, sehingga dengan adanya website dapat mempermudah segala jenis layanan maupun peningkatan akses oleh yang membutuhkan informasi baik secara personal maupun lembaga.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini