Gubsu Saksi MoU, KONI Sumut & MSN Malaysia

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Majelis Sukan Negara (MSN) Malaysia. Antara lain, mengenai kerja sama pengembangan atlet di Indonesia, khususnya Sumut maupun Malaysia. 

Kerja sama yang akan dilakukan kedua pihak meliputi pelatihan, pertukaran ilmu, pertukaran atlet, dan lainnya, yang bertujuan membangun dan meningkatkan prestasi atlet. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebut kerja sama ini juga merupakan momen mempererat persaudaraan antara Indonesia, khususnya Sumut dengan Malaysia. 

“Kita tahu persaudaraan ini harus diikat oleh momen, satu-satunya yang terbaik adalah olahraga,” kata Edy Rahmayadi usai menyaksikan penandatanganan MoU antara KONI Sumut dengan MSN Malaysia di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41, Medan, Senin (29/8/2022).

Edy menyebut Malaysia merupakan negara yang masih serumpun dengan Indonesia. Artinya negara tersebut masih bersaudara dengan Indonesia. 

“Meskipun beda negara tapi persaudaraannya tak boleh putus, ini mulai kita jalin, kita mulai dengan olahraga, kita bisa meningkat ke yang lain, ada sosial, ada budaya sehingga sama-sama menguntungkan antara dua negara ini, khususnya Sumut dan Malaysia,” katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Belia dan Sukan) Malaysia  Ahmad Faizal Azumu mengatakan, kerja sama tersebut akan membantu kedua pihak dalam banyak aspek yang terkait dengan peningkatan prestasi atlet. Menurutnya kerja sama tersebut akan menguntungkan kedua pihak. Apalagi melihat letak geografis Sumut dan Malaysia yang berdekatan. 

“Saya menganjurkan agar hubungan antara kedua negara dapat kita perkukuhkan melalui kerja sama seperti ini, supaya fasilitas olahraga di Kuala Lumpur dan negeri-negeri yang berdekatan dengan Sumut dapat digunakan oleh atlet Sumut,” kata Faizal. 

Faizal juga mengatakan, sangatlah rugi apabila rakyat Malaysia dan Indonesia ribut lantaran olahraga. “Apabila bermusuh dari segi olahraga yang jadi juara dari negara lain, akhirnya industri olahraga itu dikuasai negara barat dan lainnya,” katanya. 

Ketua KONI Pusat Marciano Norman mengharapkan dengan kerja sama tersebut para atlet dari kedua negara dari berkembang bersama. “Kita punya komitmen bersama memajukan olahraga, Malaysia dan Indonesia harus bermartabat karena prestasi atlet-atletnya, prestasi itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras,” ujarnya. 

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis dan Ketua Pengarah MSN Malaysia Ahmad Shapawi Ismail. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini