Tim Pengabdian USU Latih Poktan Perteguhan  

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Tim Pengabdian Masyarakat USU melaksanakan kegiatan pembuatan ekoenzim, pupuk organik cair dan komposting kepada Poktan Kopi Perteguhan di Dusun Perteguhan Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, beberapa hari lalu.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat DRTPM Kemendikbud-Ristek Tahun 2022 Ameilia Zuliyanti Siregar MSc PhD menjelaskan kepada wartawan, Minggu (18/9/2022) kegiatan pengabdian dilakukan meliputi pelatihan pembuatan ekoenzim, pupuk organik cair, dan komposting dari bahan sisa kulit buah-buahan, sayuran, kulit kopi, gula tebu/gula merah dan air yang dimasukkan ke drum sebagai pupuk ramah lingkungan yang dapat diaplikasi pada tanaman kopi dan tanaman hortikultura, seperti cabe, tomat, buncis, sawi, dan lainnya. 

"Setelah sesi pelatihan dan kunjungan ke lokasi pertanaman, maka diskusi sambil makan siang dilakukan secara simultan," ungkapnya.

Sebelumnya,  Prof Tulus Vor Dipl Math MSi PhD menyampaikan semoga kegiatan pengabdian ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat dusun tersebut.

Anggota tim lainnya, Prof Dr Ir Elisa Julianti MSi menyatakan konstribusi Tim Pengabdian Masyarakat DRTPM Kemendikbud-Ristek Tahun 2022 melalui LPPM USU melakukan pelatihan desain dan praktek mengemas kopi diberikan kepada kelompok perempuan Ersada Aritha, didampingi Sekretaris Seri Rahayu Boru Sembiring dan seluruh pengurus. 

Mereka berharap pertemuan yang dilakukan sebagai penyemangat dalam meningkatkan produksi kopi untuk dikonsumsi masyarakat.

Poktan Kopi Perteguhan Dermawan STD menyampaikan kedatangan tim pengabdian dari USU memberi motivasi kepada petani untuk mengadopsi pengetahuan tentang pembuatan dan penggunaan pupuk ramah lingkungan  untuk meningkatkan produktivitas kopi.

Ketua Ersada Aritha Maria menyampaikan "Terima kasih kepada USU atas pendampingan dan inisiasi mendaftarkan "Jore Kopi" memiliki legalitas badan hukum ke notaris, diharpkan sampai dapat terbit ijin edar Industri Rumah Tangga (IRT). Semoga sinergitas ini berkelanjutan," harapnya. Ameilia, di sesi penutupan kegiatan menyampaikan kemasyarakat Dusun Perteguhan, USU akan tetap melakukan pendampingan kepada petani kopi agar 'Jore Kopi' dapat dikenal secara meluas dimasyarakat Indonesia.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini