Bupati Asahan Ikuti Rakor Virtual Pengendalian Inflasi Daerah

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan H. Surya, BSc mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Senin (24/10/2022).

Rakor tersebut membahas langkah kongkret pengendalian inflasi didaerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI dan Rakor ini akan dilaksanakan setiap hari senin mulai tanggal 24 Oktober 2022 sampai dengan 26 Desember 2022.

Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs.H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D memimpin langsung Rakor ini diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia. Pada pidatonya Mendagri mengatakan  inflasi merupakan salah satu isu global dan menjadi perhatian seluruh dunia. Inflasi ini terjadi disebabkan karena sisa dampak covid-19 dan perang antara Rusia dan Ukrainia.

Tito Karnavian, mengatakan bahwa Rusia merupakan salah satu negara pengekspor minyak dunia nomor 4 terbesar sekaligus pengekspor gandum dan tepung nomor 2 di dunia, dan energi utama gas di Eropa sangat tergantung kepada Rusia.

Ia juga mengatakan, banyak negara yang sudah mengalami inflasi yang cukup tinggi. Indonesia sendiri saat ini pada posisi yang relatif masih landai yakni 5,95% untuk tingkat Asia Tenggara. Maka dari itu kita semua harus bergerak bersama untuk mengendalikan inflasi tersebut. 

"Kalau semua daerah bisa mengendalikan inflasi daerah masing-masing, maka secara nasional nanti akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan inflasi tersebut, inilah tujuan kita Rapat hari ini, "sebutnya.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan Pemerintah Daerah Provinsi membentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID Provinsi), Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota membentuk TPID Kabupaten/Kota dan TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Daerah dengan susunan ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya, mendukung langkah Mendagri dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Asahan.

"Pemkab Asahan akan terus menjaga kestabilan harga pangan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan kelancaran transportasi pendistribusian pangan, "katanya.

Selanjutnya, Bupati Asagan Surya, mengatakan Pemkab Asahan sudah membentuk tim TPID untuk menghadapi inflasi dan akan mengoptimalkan kembali kinerja TPID Kabupaten Asahan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini