Verifikasi Faktual Sembilan Parpol Lancar Benget: KPU Sumut Hanya Menginput Data 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Hari terakhir, pelaksanaan verifikasi faktual yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut terhadap sembilan partai politik di tingkat Provinsi Sumut berjalan aman dan lancar.

Demikian Komisioner KPU Sumut Ir Benget Silitonga kepada wartawan ketika dihubungi, Senin (17/10/2022) malam.

Di hari terakhir ini, ungkapnya, KPU Sumut membentuk tujuh tim yang dikoordinir masing-masing komisioner ke sembilan partai politik antara lain Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Umat.

"Dari tujuh tim yang dibentuk dua tim memverifikasi dua partai politik selebihnya masing-masing tim satu parpol," ungkapnya sembari menyampaikan saat memverifikasi faktual parpol KPU Sumut juga diawasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut.

Pada kesempatan ini ungkapnya, KPU Sumut memverifikasi tiga hal yakni struktur kepengurusan, domisili kantor DPW hingga persentase 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan.

"Sampai hari ini semuanya berjalan lancar," ungkap Benget sambil menyampaikan KPU Sumut belum bisa mengeluarkan penilaian apakah parpol yang diverifikasi sudah lulus. 

Karena, lanjutnya, tugas kami hanya menginput data hasil verifikasi faktual kali ke Sipol.

Nanti pusatlah yang menentukan apakah partai yang bersangkutan lolos atau tidak.

Apalagi saat ini KPU kabupaten/kota se-Indonesia juga saat ini melaksanakan verifikasi faktual di mana di samping tiga tugas KPU Sumut ditambah dengan verifikasi faktual keanggotaan.

"Hal ini berlangsung hingga 4 November mendatang," ungkapnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea yang memimpin tim verifikasi faktual di Kantor DPW PBB Sumatera Utara Jalan Denai, Kecamatan Medan Denai, Medan, Senin (17/10/2022).

Ia mengatakan tiga hal yang mereka verifikasi seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat yakni struktur kepengurusan, domisili kantor DPW hingga persentase 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan.

“Setelah memeriksa seluruh dokumen yang dibutuhkan, kita melihat semuanya sesuai dan memenuhi syarat,” kata Mulia Banurea.

Saat verifikasi seluruh pengurus DPW PBB hadir yakni Ketua DPW PBB Sumut Awaluddin Sibarani, Sekretaris Wilayah  M Idris, Bendahara Ir H Poniman dan beberapa pengurus lainnya seperti Wakil Ketua, Syaiful Nahar, Ketua MPW Aidan Nazwir Panggabean, Ketua BKW H Marasamin Ritonga SH MH dan pengurus lainnya.

Hasil dari verifikasi faktual ini menurut Mulia akan mereka teruskan ke KPU RI, karena kewenangan untuk menetapkan lolos atau tidaknya partai politik ada di tangan mereka.

“Dari tingkat provinsi hanya menyampaikan hasil dari verifikasi faktual. Sedangkan yang menetapkan nanti untuk dinyatakan lolos atau tidak menjadi peserta pemilu 2024 itu diumumkan oleh KPU RI,” pungkasnya.

Sedangkan di hari yang sama,  Komisioner KPU Sumatera Utara Benget Silitonga usai melakukan rangkaian pemeriksaan dalam rangka pelaksanaan verifikasi faktual tingkat provinsi di Kantor Pimpinan Daerah (Pimda) PKN Sumatera Utara, Jalan Karya Pembangunan No 20A, Medan Polonia, Senin (17/10/2022).

Benget mengatakan pihaknya melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan PKN Sumut, domisili kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan.

"Dan dari hasil verifikasi ketiganya terpenuhi, hasil dari verifikasi faktual ini akan kami kirim ke KPU RI karena secara akumulatif nanti mereka yang kemudian menetapkan apakah parpol memenuhi syarat menjadi peserta pemilu 2024 atau tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

Ketua Pimda PKN Edison Sianturi mengaku sangat optimis jika partai mereka akan lolos verifikasi faktual di Sumatera Utara. Setelah verifikasi ini, mereka akan fokus dalam mempersiapkan rangkaian lanjutan untuk persiapan penyusunan bacaleg.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini