Gelar MoU Dengan USU, Telkom Akan Kembangkan Sistem ERP

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) bersama PT Telkom Indonesia TBK menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang pengembangan sistem digitalisasi pembelajaran di USU dalam Operation Excellence Through Digitalization to Advance Education of USU di Grand City Hall Medan, Kamis (3/11/2022).

Pengembangan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang akan dilakukan Telkom kepada USU merupakan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan. ERP merupakan sistem terpadu yang digunakan  perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. 

WR IV Bidang Informasi, Perencanaan, dan Pengembangan USU, Prof Dr Drs Opim Salim Sitompul MSc menyebutkan Telkom akan menyempurnakan sistem ERP di USU. 

“USU dan Telkom seperti membangun suatu sistem ERP,” paparnya. 

WR IV menyebut kerja sama ini sangat penting untuk dilakukan terutama di era serba digital. Karena itu, menurutnya kerja sama antar USU dengan PT Telkom merupakan bentuk kolaborasi yang menguntungkan di bidang pendidikan. 

“Seperti kita dengar tadi, semuanya ditarik dari sistem, jadi kalau kita tidak siapkan itu kita akan ketinggalan,” jelas Prof Opim. 

Selepas ini, kerja sama USU dengan Telkom akan berlanjut pada Digital Learning Center Building yang sedang berada tahap konstruksi. 

Upaya yang dilakukan PT Telkom Tbk dalam realisasi ERP di antaranya adalah memfasilitasi jaringan di dua kampus USU. 

Manager Enterprise Service Lyanie Novridha menyebut bahwa PT Telkom TBK akan membantu USU pada bidang Learning, Research, dan Inovation. 

Pada bidang learning, PT Telkom TBK akan lakukan asistensi dalam penyusunan regulasi untuk memenuhi kebutuhan USU, sedangkan dalam bidang Research PT Telkom akan menjembatani join kolaborasi dalam hal penelitian. 

“Itu juga value yang bisa kita offer di USU karena kita juga terlibat di sini sebagai coorporate yang sudah berpengalaman dalam berbagai bidang untuk bisa memberi memasukkan ekosistem pentahelix,” ungkap Lyanie. 

Lyanie Novridha berharap dapat menularkan inovasi kepada USU sehingga USU dapat terlibat dalam ekosistem inovasi Telkom, karena merupakan perusahaan yang mengedapankan inovasi baik internal maupun eksternal. 

“Inovasi yang kita harap bisa ditularkan ke USU, perlu learning process,” tegasnya.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini