Bank Indonesia selenggarakan kegiatan Leadership Forum Generasi Baru Indonesia (Genbi) 2022

Editor: Jass

MEDIASELEKTIF.COM -Bank Indonesia selenggarakan kegiatan Leadership Forum Generasi Baru Indonesia (Genbi) 2022 Sumatera Utrara pada hari Kamis sampai Jumat tanggal 1 sampai  2 Desember 2022, di Samosir Cottages & Resort. Kegiatan yang diikuti oleh 150 orang mahasiswa GenBI yang berasal dari 5 Universitas (USU, UNIMED, UINSU, UMA dan UNPAB) ini mengusung tema Be A Shining Leader for Bright Future.

Kegiatan dimulai pada hari Kamis yang dibuka oleh Bpk Jazari Abdul Hamid selaku Asisten Direktur di Divisi Implementasi KEKDA dan dilanjutkan dengan pemaparan materi leadership dengan topik Creative Thingking dari narasumber Bpk Wahyudi. Dilanjutkan dengan malam ramah tamah oleh Bpk Poltak Sitanggang selaku Kepala Divisi Implementasi KEKDA kepada para GenBI Sumut 9.0.

Kegiatan hari kedua Jumat dimulai jalan pagi bareng di sekitar Samosir dan dilanjutkan dengan kegiatan outbond yang dipandu oleh tim dari 3D Company. Harapannya, kegiatan outbound dapat bermanfaat untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, kreatifitas serta kekompakan para mahasiswa yang tergabung dalam GenBI Sumut 9.0.

Bank Indonesia Bina Generasi Millenial 

Dari hasil sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik Tahun 2020, saat ini terdata Generasi Milenial Indonesia (lahir tahun 1981-1996) berjumlah 25.87%, Gen Z (lahir tahun 1997-2012) berjumlah 27.94% dan Post-Gen Z (lahir setelah 2013) berjumlah 10.88% dari total keseluruhan penduduk. 

Harus menjadi perhatiaan bersama dan penting bagi kaum milennial untuk terus mengembangkan potensi dan kapasitas diri. Di era saat ini generasi Indonesia terus mengalami perubahan, perubahan ini nantinya menjadi fondasi negeri untuk menghadapi masa yang serba bisa. 

Karena itu, generasi perubahan harus segera menyiapkan  dasar kepemimpinan yang nantinya dapat menjadi modal awal sebagai pemimpin di masa depan. Generasi saat ini dihadapi dengan berbagai tantangan yang penuh dengan tuntutan untuk mampu menjadi pribadi yang cerdas, kreatif dan inovatif. 

Sebagai bentuk upaya dalam memberi dedikasi untuk negeri, Bank Indonesia salah satu lembaga Independen yang berperan untuk mencetak SDM Unggul dengan program-program unggulan, salah satunya yakni dengan memberikan Beasiswa. Hingga saat ini Bank Indonesia telah memberikan ribuan beasiswa kepada mahasiswa yang ada di Indonesia. 


Beasiswa Bank Indionesia

Terkhusus kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara memberikan beasiswa kepada 5 Universitas yakni USU, UNIMED, UINSU, UMA, UNPAB dengan total 300 mahasiswa. Para penerima beasiswa Bank Indonesia juga diberikan wadah untuk upgrading softskill dan kapasitas diri, yang mana wadah ini diberi nama komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).


Sebagai salah satu program unggulan, Beasiswa Bank 

Indonesia memberikan fasilitas berupa dana Pendidikan, hingga penguatan softskill melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia dan juga komunitas  GenBI  dengan  harapan  mahawisw memiliki

kemampuan komunikasi, karateristik, kecerdasan sosial hingga kemampuan beradaptasi dengan baik yang diharapkan kedepan mampu untuk menjadi Frontliner, Agent of Change dan Future Leaders Bank Indonesia.

Generasi Millenial Future Leaders

Mengutip quotes dari presiden pertama Indonesia yaitu Bpk. Ir. Soekarno, "Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku guncangkan dunia". Hal ini berarti peranan pemuda atau generasi muda dalam perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia sangatlah besar. Generasi penerus bangsa harus mulai mempersiapkan diri untuk mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara di masa yang akan datang. dengan kata lain, masa depan suatu bangsa itu ditentukan oleh keadaan pemudanya saat ini. Untuk itu memupuk kapasitas diri salah satunya kepemimpinan merupakan hal yang penting. 

Kegiatan Leadership Forum GenBI Sumut 2022 menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas GenBI dalam menghasilkan individu calon penerus bangsa. Pada kegiatan ini, para peserta akan mendapat pelatihan materi yang diberikan oleh narasumber terbaik. 

Kegiatan Outbound juga juga sebagai wadah menumbuhkan jiwa leadership dan bisa mengakrabkan diri antar penerima beasiswa dari seluruh komisariat di GenBI Sumut. Dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi adik-adik GenBI untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan melakukan hal-hal yang positif, serta akan melahirkan sosok calon pemimpin masa depan yang berkualitas. 


Share:
Komentar

Berita Terkini