Wakil Bupati Asahan Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2022

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S, Sos, M. Si mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi (OPS) Lilin Toba 2022, di Mapolres Asahan, Kamis (22/12/2022).

Kapolres Asahan bertindak Inspektur upacara OPS Lilin Toba 2022 yang dilaksanakan dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru (NATARU) di Kabupaten Asahan tersebut dan dihadiri Dandim 0208/Asahan, Kajari Asahan, Danlanal TBA, PA Kisaran, PN Kisaran, OPD, Kakankemenag, tokoh agama, tokoh masyarakat serta OKP.

Kapolres Asahan menyampaikan pidato tertulis Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang mengatakan, momentum Nataru selalu di tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap peningkatan mobilitas masyarakat. 

Karenanya, dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta Stakeholder terkait, hari ini digelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta di lanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 3-9 Januari 2023. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengatasi potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas jalan serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan. "Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengendalian ketahanan pangan dan BBM dengan melakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan Stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan. 

Kapolri juga meminta para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga. Apabila terdapat upaya spekulan dan melakukan Gakkum secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. 

Begitu juga dengan BBM harus melakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, guna memastikan ketersedian stok BBM, serta pastikan berbagai layanan pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik.

Masih kata Kapolri. Khusus pengamanan ibadah Natal, agar setiap personil Polres memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI dan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama agar pelaksanaan ibadah yang dijalani Umat Kristiani dapat berjalan lancar dan kondusif.

Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, juga mengatakan untuk Kabupaten Asahan sendiri, Polres Asahan menugaskan 400 personil ditambah 152 Instansi terkait yang akan bertugas pada OPS Lilin Toba 2022. 

Kata dia, Polres Asahan juga menyediakan delapan pos pelayanan Nataru, yakni 3 Pos Pelayanan (Meranti, Air Batu, Aek Ledong), 4 Pos Pengamanan (Katarina, Simpang Empat, Pulau Raja, Bandar Pasir Mandoge) dan 1 Pos Pelayanan Terpadu yang berada di Stasiun KAI Kisaran.

Sementara itu, Wabup Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung sepenuhnya OPS Lilin Toba 2022 yang dilaksanakan oleh Polres Asahan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini