Doddy Zulverdi: Event F1H20 Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Sekitar Danau Toba

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dalam pertemuan Bincang Bareng Media (BBM) Rabu ( 25/1/2023 ) di Junction Cafe Jalan Uskup Agung No.2 Medan pukul. 14.00 Wib, dengan membatasi rekan wartawan secara offline sebanyak 30 (Tiga puluh) orang, yang lain belum bisa hadir langsung ke BI, melalui online via zoom.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Doddy Zulverdi menjelaskan. event internasional F1 Powerboat Lake Toba (F1H2O) yang akan digelar di Danau Toba, BI juga optimis, event tersebut akan mengangkat sektor wisata dan berdampak pada penguatan dan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba.

Doddy Zulverdi menyebutkan, mengacu pada hasil pembagian tugas berdasarkan Keputusan Menteri Kemenkomarinves serta hasil Rapat Koordinasi Persiapan F1 Powerboat Lake Toba yang diinisiasi oleh Kemenkomarinves, KPw.BI Prov. Sumut masuk dalam Bidang Pembayaran dan Permodalan.

“Terdapat beberapa peran dan dukungan Bidang Pembayaran dan Permodalan khususnya pada fasilitasi pembayaran dan permodalan serta penyelenggaraan pameran UMKM,” ujar Doddy pada kegiatan Bincang Bareng Media.

BI bersama perbankan yang ada di Sumut mendukung dalam ketersediaan fasilitas ATM pada lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat Tahun 2023, ketersediaan fasilitas pembayaran non tunai dan/atau QRIS pada penyedia atraksi, akomodasi, pelaku usaha ekonomi kreatif, dan pelaku usaha lain yang berada di kawasan penyelenggaraan kegiatan.

Selain itu, BI berkoordinasi dengan perbankan terkait skema peminjaman modal usaha bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan penyelenggaraan kegiatan.

“BI ditunjuk sebagai koordinator showcase UMKM pada Ring 1 sebanyak 27 booth, serta keikutsertaan UMKM binaan/mitra BI Se Sumatera Utara pada showcase UMKM. BI bersama Pemda dan stakeholder akan melakukan kurasi produk UMKM baik souvenir, aksesoris, makanan dan minuman olahan,” jelas Doddy.

Doddy  mengaku optimis gelaran ajang F1H2O tetsebut akan sangat berdampak bagi penguatan ekonomi terutama di sekitaran kawasan Danau Toba.

“Banyaknya event karena adanya keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sekitar Wilayah Danau Toba pada event F1H2O ini, sebelum atau setelah. Harapannya berdampak ke penguatan ekonomi khususnya pelaku UMKM sekitar Danau Toba,” ujar Doddy.

Selama penyelenggaraan event internasional ini, BI turut berperan, dengan memfasilitasi kesiapan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa pameran produk milik mereka.

“Peran BI nanti bagaimana memfasilitasi kesiapan pelaku UMKM. Tentunya, kita harapkan bisa menggunakan transaksi selama penyelenggaraan itu dengan QRIS."

Selain itu, BI juga memfasilitasi ATM pada beberapa lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat tahun 2023. Total ada 172 ATM, di Balige (lokasi acara), itu ada 41 ATM, ditambah lagi ada mobile ATM.

Untuk lokasi penukaran mata uang asing dipastikan ada di tiga lokasi kegiatan F1 Powerboat tersebut, karena sebagian besar peserta merupakan perwakilan negara-negara.

“Tahun ini diperkirakan setidaknya ada kunjungan sekitar 20 ribu orang sebagian besar domestik, dimana turis mancanegara sebagian besar tim atau tim member,” ujarnya.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini