Raker 2023, Gubsu Minta OPD Kebut Target RPJMD

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memimpin rapat kerja (Raker) pertama di tahun 2023 dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Pada kesempatan tersebut, Edy meminta OPD untuk mengebut target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023 Sumut.

“Ini kita mengejar RPJMD lima tahun yang kita siapkan,” kata Edy didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho dan Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, usai rapat kerja dengan OPD pertama di tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41, Medan, Senin (2/1/2023).

Berbagai program prioritas yang ditargetkan pada RPJMD 2019-2023 di antaranya peningkatan kualitas dan pemenuhan akses pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata, peningkatan kualitas reformasi birokrasi, peningkatan sosial kemasyarakatan dan olahraga, hingga pembangunan ifrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan.

“Semoga dia (prioritas) di atas standar karena itu semua kebutuhan pokok masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Edy juga mengapresiasi seluruh pihak termasuk OPD yang membuat Pemprov Sumut mendapat prestasi yang baik sepanjang tahun 2022. Sehingga berbagai penghargaan pun diraih Pemprov Sumut. 

“Alhamdulillah, kita terus berprestasi, kita bersyukur pada Allah bahwa kita bergerak ke arah positif, semua untuk kepentingan rakyat, kita berbuat, tapi semua ini prestasi kalian (OPD), saya tak mampu bekerja sendiri, kita ini team work,” katanya kepada para kepala OPD. 

Edy juga mengingatkan dalam waktu dekat Sumut akan menjadi tuan rumah event nasional seperti Hari Pers Nasional dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Untuk itu, seluruh pihak harus menyiapkan segala sesuatu agar event tersebut sukses. 

“Kepada para Kepala OPD, saya minta, untuk terus bekerja dengan baik. Lakukan amanah bekerja yang baik. Dengan penuh keimanan,” katanya.

Mengenai realisasi belanja APBD 2022, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho mengharapkan tahun 2023 bisa lebih baik lagi. Ia mengungkapkan pada tahun 2022, realisasi belanja masing-masing OPD Pemprov Sumut rata-rata sudah berada di atas 90%.

“Saya harap percepatannya ke depan lebih baik lagi, untuk itu, pengadaan semestinya harus dipercepat lagi, Januari ini sudah ada proses tender, sehingga akhir Januari nanti sudah ada yang mulai pekerjaannya,” kata Arief.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini