Infrastruktur Kelistrikan Telah Rampung, PLN Siap Sukseskan Pergelaran F1 Powerboat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara akan menerapkan skema pengamanan pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) tanggal 24 hingga 26 Februari 2023 di Balige, Sumatera Utara.

Untuk memastikan persiapan tersebut, General Manager, Tonny Bellamy melakukan apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan kesiapan kejuaraan dunia F1 Powerboat di Balige Kamis (16/2/2023). PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sibolga juga telah mempersiapkan ratusan petugas PLN untuk mempercepat penyelesaian infrastruktur kelistrikan di beberapa titik penting gelaran F1H2O.

Tonny mengatakan seluruh infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran perlombaan F1 powerboat telah rampung 100 persen. Ia juga menyampaikan untuk terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi andal.

“Seluruh persiapan telah rampung 100 persen. Kita harus menjaga dan mengawal agar keandalan pasokan listrik selama perhelatan ini berjalan dengan baik. Sikap tanggap dan cepat jika terdapat gangguan harus segera diselesaikan. Tingkatkan koordinasi dengan para stakeholder agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan”, ujar Tonny.

Dalam tinjauan tersebut, Tonny juga melakukan uji coba skema pengaman kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik agar jika terjadi gangguan dapat pulih Kembali.

Selain itu, dalam memberikan pelayanan serta percepatan penanganan gangguan selama acara berlangsung. PLN telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA). Sistem ini teringtegrasi dari Gardu Hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di venue. 

“Simulasi skema pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan saat pergelaran berlangsung, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 3 detik”, tutup Tonny.

Kelistrikan di Venue utama gelaran F1H2O dan beberapa venue pendukung lainnya akan terus dipantau dan dipastikan aman. Pengecekan berkala akan terus dilakukan petugas PLN guna mendukung kesuksesan acara mulai dari tahap persiapan, pembukaan, puncak acara dan penutupan.(Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini