Ornamen Lokal Sambut Wisatawan di Bandara Sisingamangaraja XII Hadapi F1 Powerboat 2023

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Salah satu upaya menghadirkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon dan Patung Raja Batak di Bandara Sisingamangaraja XII, di Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, menjadi bagian penyambutan event balapan bergengsi dunia F1 Power boat 2023.

"AP II menjadikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya dan pariwisata. Bandara ini menjadi pintu utama bagi traveler untuk menuju arena F1 Powerboat. Ribuan wisnus serta wisman akan datang melalui bandara, dan ini menjadi momentum tepat dalam mempromosikan budaya lokal," ujar Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, kemarin, di Jakarta.

Kejuaraan dunia F1 Powerboat 2023 akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, tepatnya pada 25 - 26 Februari 2023. Dan, Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Taput yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi balapan pun menjadi salah satu pintu masuk utama bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

AP II menghadirkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon dan Patung Raja Batak di Bandara Sisingamangaraja XII untuk menyambut wisatawan maupun pengunjung yang berniat menyaksikan balapan. Saat tiba di bandara, mereka akan langsung melihat replika yang merupakan Rumah Tradisional Batak Toba tersebut.

Replika Rumah Bolon di bandara tersebut memiliki dimensi 2,8 meter x 4,8 meter, dibangun dengan material kayu. Adapun Rumah Bolon sendiri berbentuk panggung dan dihiasi ukiran khas yang disebut dengan Gorga baik di bagian luar dan dalam rumah. Hal yang paling menarik perhatian adalah bentuk atapnya yang melengkung dan runcing di tiap ujungnya.

Di depan replika Rumah Bolon, wisatawan juga dapat menjumpai Patung Raja Batak. "Wisatawan yang baru mendarat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat langsung menjumpai replika Rumah Bolon," jelas Awaluddin.

AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan oleh seniman lokal.

"Kami berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan turut memperkuat semangat kebhinnekaan," ujar Awaluddin.

Director of Engineering AP II Agus Wialdim pun memastikan jika kehadiran replika Rumah Bolon tidak akan mengganggu operasional penerbangan. 

"Pembangunan replika Rumah Bolon telah memperhitungkan aspek keamanan dan keselamatan serta dipastikan tidak mengganggu operasional penerbangan di bandara," ujar Agus Wialdi.

Adapun Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi traveler yakni antara lain mesin self check in, E-kiosk, Flight Information Display Sistem, serta sejumlah videotron terkait event KOPIKO F1 Powerboat dan informasi pariwisata Danau Toba.

Kedatangan Delegasi KOPIKO F1 Powerboat Sejak 16 Februari 2023, delegasi KOPIKO F1 Powerboat Lake Toba 2023 sudah tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

Hingga 20 Februari 2023, jumlah delegasi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII sudah mencapai 95 orang.

Para delegasi juga ada yang tiba melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang (Sumatera Utara) dan melanjutkan perjalanan darat ke lokasi venue di Tapanuli Utara.

Pada Minggu, 19 Februari 2023, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi dan Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin turut menyambut kedatangan Senior Vice President H2O Lavinia Sanzovo Cavallero di Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

Kedatangan delegasi di Bandara Raja Sisingamangaraja XII disambut Tarian Tor Tor dan pengalungan kain ulos.(ril/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini