Duta Damai Berhasil Memediasi Terkait Polemik Dugaan Penjualan Daging Babi & Anjing di Banda Aceh

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dengan Semangat Kebhinekaan di bulan Ramadhan, Duta Damai Aceh Berhasil Mediasi  terkait Polemik Penjualan Daging Babi dan Anjing akhir - akhir ini di Kota Banda Aceh

Menanggapi polemik tentang interupsi Anggota DPR Aceh, Tgk Muhammad Yunus dalam Sidang Paripurna DPR Aceh, Rabu, 5 April 2023 lalu terkait dugaan adanya penjualan daging babi dan anjing di Gampong Peunayong, Kota Banda Aceh. 

Hingga timbulnya protes dari pihak perangkat Gampong Peunayong dikarenakan kesalahpahaman dalam penyebutan nama tempat yang seharusnya di Kampung Mulia bukan di Peunayong, sehingga hal tersebut berpotensi menimbulkan gesekan kerukunan umat beragama seperti diketahui bersama gampong peunayong merupakan kawasan pecinan yang ada dikota banda aceh, hal inilah yang  dikhawatirkan menjadi isu rasial dan sentimen terhadap etnis tionghoa dan agama tertentu maka Duta Damai Aceh ikut mengambil bagian untuk melakukan mediasi antara kedua belah pihak dan melakukan komunikasi dengan Tgk Muhammad Yunus sebagai Anggota DPR Aceh dan T. Sabri Harun selaku Keuchik Gampong Peunyong agar menyelesaikan semua permasalahan ini dengan damai  dan rukun.

Alhamdulillah, setelah perwakilan BPH ( Badan Pengurus Harian ) Duta Damai Aceh melakukan pertemuan demi pertemuan, tepat hari ini Rabu, (12/4/2023, keduabelah pihak telah melakukan konferensi pers dan klarifikasi masing-masing untuk saling berdamai dan meminta maaf, lanjut, kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan buka puasa bersama di Kantor Keuchik Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh sebagai tanda perdamaian. 

Saat diwawancarai  oleh wartawan , selaku Koordinator Regional Duta Damai Aceh Teuku Rizza Muly mengutarakan,“Saya kira ini jadi salah satu peran dan tugas kami selaku duta damai dengan berkoordinasi multi sektor sehingga masalah bisa terselesaikan dengan damai, dan sejuk seperti keinginan banyak pihak.

Hal ini merupakan langkah nyata dan hadirnya duta damai aceh dalam merawat keberagaman dan menjaga keutuhan yang ada di aceh, sebagai salah satu entitas dari wilayah yang cukup majemuk,” pungkas pria yang disapa akrab Rizza Muly ini.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Tgk. Muhammad Yunus (Anggota DPR Aceh), T. Sabri Harun (Keuchik Peunayong), Kepala Satpol PP dan WH Aceh, Kho Khie Siong alias Aky (Ketua Yayasan Hakka Aceh), Andy Mu’arif (Koordinator Kelembagaan dan Kemitraan Strategis Duta Damai Aceh), Ketua Persatuan Katolik Aceh, Ketua Badan Kemakmuran Masjid, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tuha Peuet Gampong Peunayong, perangkat Gampong Peunayong serta perwakilan warga dan pemuda Gampong Peunayong.(AZ/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini