Tim Medis Rutan Kelas 1 Lakukan Penyuluhan Skrining TBC Paru

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Tim Medis Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumatra Utara (Sumut) hari Sabtu, 20 Mai 3023

Penyakit Tuberkulosis (TBC) adalah salah satu penyakit menular yang dapat menginfeksi semua kalangan mulai dari bayi, anak-anak, remaja sampai lansia dan menimbulkan kesakitan dan kematian lebih dari 1 juta orang setiap tahunnya.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri patogen yang disebut Mycobacterium Tuberculosis (MTB). Pada kebanyakan orang, TBC menginfeksi organ paru, namun TBC dapat juga ditemukan pada hampir semua organ tubuh seperti otak, tulang belakang, dan ginjal.

Tim medis menekankan pentingnya untuk WBP menjaga kebersihan agar imun tubuh tidak terganggu, sehingga dapat mengurangi resiko terpaparnya tubuh oleh virus. 

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan guna mencegah penularan TBC, harus  Menggunakan masker saat berada di tempat ramai dan berinteraksi dengan penderita TBC, serta rajin untuk mencuci tangan. Menutup mulut saat batuk.

Menurut Tim Medis, dr. Sherly “penderita TB Paru di Rutan Kelas I Medan semakin hari semakin menurun tingkat kesakitannya dan penderitaannya. Dengan melakukan dua cara yaitu skrining tahanan baru dan tahanan yang sudah berada tinggal di rutan, kita lakukan secara periodik sekali sebulan,” Imbuhnya.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini