Dies Natalis 71 USU, Gerakan Transformasi Menuju Internasionalisasi Diimplementasikan Secara Nyata

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara menggelar Sidang Terbuka Dies Natalis ke-71 di Auditorium, Selasa (24/10/2023). Sejumlah tokoh nampak hadir langsung maupun secara virtual di antaranya Ketua Majelis Wali Amanat Nurmala Kartini Pandjaitan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dan penyanyi yang sedang naik daun Ghea Indrawari.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam sambutannya mengapresiasi program transformasi yang dilakukan Universitas Sumatera Utara. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ia canangkan telah diterjemahkan USU dengan baik melalui berbagai program yang berdampak secara nyata untuk masyarakat.

“Sejak 2021, USU telah menjadi garda terdepan dalam gerakan Merdeka Belajar. Lebih dari 3.300 mahasiswa telah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan para alumni program itu adalah alumni yang memiliki sumber daya manusia yang unggul serta akan mampu menjadi pemenang dalam era persaingan global,” ujar Nadiem.

Nadiem Anwar Karim berharap USU terus konsisten mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan di usianya yang ke 71, dirinya yakin USU akan terus tumbuh dan mampu menjadi universitas berkelas dunia. “Selamat Dies Natalis ke-71 untuk USU mari terus bergerak serentak untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi yang memimpin sidang dalam pidatonya berjudul “Melaju Menuju Indonesia Emas 2045: Transformasi USU Membangun Human Capital” menegaskan bahwa di usianya yang ke 71, USU semakin berbenah. Mulai dari pemerataan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas kurikulum, riset dan inovasi.

Peringatan ini dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan diri atas segala upaya yang telah dilakukan Universitas Sumatera Utara, sejak tahun 2021, melalui transformasi di segala lini dalam Tridarma USU untuk melaju mencapai Desain Universitas Sumatera Utara 2020-2024 menjadi universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal,” ujar rektor.

Rektor menjelaskan, gerakan transformasi yang telah dicanangkan dengan tagline “Transformation Towards The Ultimate” diimplementasikan secara nyata melalui Enam Program Prioritas yang telah ia canangkan sejak diberi amanah untuk menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026.

Dies Natalis Universitas Sumatera Utara ke-71, kata ektor, mengambil tema “Growing Together Through Innovation, Transformation and Sustainability”. Tema tersebut dipilih untuk menyatakan dan menggerakkan semangat tumbuh bersama yang dilakukan melalui inovasi, transformasi dan berkelanjutan. Proses pertumbuhan itu sendiri didorong melalui kolaborasi, inklusif, mengikutkan masyarakat dan industri secara partisipatif, dan membuka diri secara bersama dalam perbedaan yang ada.

Prof Mury mengatakan, transformasi untuk akselerasi pembangunan human capital Indonesia telah dan sedang terjadi di USU. Akselerasi itu direfleksikan melalui model pengembangan yang inovatif, inklusif dan integratif pada bidang pendidikan dan pembelajaran, riset/publikasi dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang pengembangan enterprise dan kerjasama global. Pengembangan ini disokong oleh strategi digitalisasi proses bisnis di lingkungan USU yaitu membangun dosen dan tenaga kependidikan yang kompeten dan profesional melalui program prioritas adaptasi tugas tridarma, tata kelola yang adaptif, dan digitalisasi kampus.

Sidang Terbuka Dies Natalis ke-71 sendiri ditutup dengan penampilan dari Ghea Indrawari yang sebelumnya memberikan motivasi kepada mahasiswa USU untuk terus berkarya dan tetap memperhatikan masalah kesehatan mental. “Jangan terlalu keras pada diri sendiri, dan sayangilah diri sendiri. Lagu Jiwa yang Bersedih, merupakan pengalaman pribadi saya untuk bisa ke luar dari persoalan-persoalan remaja yang saya hadapi,” katanya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini