Bawaslu Sumut Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Tebing Tinggi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM -  Bawaslu Sumut terus melakukan berbagai upaya untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilihan. Salah satu program yang dilakukan yaitu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada mahasiswa dan pemilih pemula di Kota Tebing Tinggi pada Selasa (30/01/2024).

Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang mengungkapkan bahwa keberhasilan pelaksanaan pemilihan itu merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Waktu pemilihan tinggal menghitung hari, kita semua punya tanggung jawab sebagai warga negara untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan, itu bukan hanya tanggungjawab pemerintah, penyelenggara saja tapi semua elemen masyarakat termasuk adik-adik semua yang hadir saat ini ,” katanya dihadapan peserta yang berasal dari mahasiswa beberapa kampus dan siswa SMA di Kota Tebing Tinggi.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini menyatakan bahwa Bawaslu telah melakukan berbagai upaya bagaimana meningkatkan imun masyarakat untuk membentengi diri dari berbagai pelanggaran, kecurangan dan potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

“Hoax dan ujaran kebencian marak sekali di media sosial, ini menjadi bahaya laten yang menyusup dan dapat merubah pola pikir yang positif menjadi negatif, maka adik-adik semua harus mampu membentengi diri dari berbagai berita bohong dengan selektif menyaring informasi yang kita terima,” katanya.

Menurut Suhadi bahwa pemilihan itu tidak hanya sekedar datang ke TPS tetapi bagaimana masyarakat juga ikut terlibat dalam pengawasan pemilu.

“Adik-adik harus berpikir kritis, alangkah baiknya jika waktu kita menjelang pemungutan suara nanti kita gunakan untuk terlibat dalam pengawasan pemilihan, misalnya jika menemukan dugaan pelanggaran silahkan laporkan ke Bawaslu atau Panwascam terdekat, adik-adik harus mampu melihat pelanggaran sekecil apapun disekitar kita, itu sudah termasuk bentuk keterlibatan kita semua untuk pelaksanaan pemilihan yang semakin baik,” ungkapnya.

Suhadi menjelaskan bahwa Bawaslu mempunyai keterbatasan dalam mengawasi berbagai pelanggaran di seluruh wilayah dan diseluruh pelosok negeri, oleh karena itu Bawaslu sangat mengharapkan peran serta semua elemen masyarakat tak terkecuali mahasiswa dan pemilih pemula.

Lebih lanjut Suhadi mengajak semua peserta untuk membangun komunitas digital dan saling berinteraksi dengan yang lain.

“Pada masa tenang ikutlah mengawasi, jika ada pelanggaran laporkan ke Bawaslu, pada 14 Februari 2024 salurkan hak pilih anda dengan ikut mencoblos, awasi semua proses di TPS mulai dari pemungutan, bahkan hingga penghitungan suara karena banyak potensi pelanggaran yang mungkin terjadi. Hal sekecil apapun itu, akan sangat berarti bagi kualitas demokrasi kita,” pungkasnya.

Sosialisasi ini mengundang Narasumber eksternal yaitu Marwan yang merupakan Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara periode 2018-2023 yang memaparkan terkait Peranan Pemilih Pemula dan Mahasiswa dalam Pemilu 2024. Juga turut hadir Anggota Bawaslu Kota Tebing Tinggi yaitu Lambok Simbolon dan Choky Nasution.(Bos/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini