Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Nuzulul Qur’an 1445 H / 2024 M

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar peringatan Nuzulul Quran yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh yang bertempat di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran (27/3/2024) malam.

Peringatan Malam Nuzulul Qur’an tersebut dihadiri Sekda Kabupaten Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, Kajari Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Camat, Kemenag Asahan jamaah Masjid Agung

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Asahan Basuki S.Pd, MM melaporkan dalam rangka meningkatkan syi'ar dan dakwah islam serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati malam nuzulul Qur'an 1445 H/ 2024 M. 

Selanjutnya pelaksanaan malam nuzulul Qur'an ini sesuai dengan surat Bupati Asahan Nomor 400.8/1367/UM/III/2024 tentang peringatan malam nuzulul Qur'an 1445 H Kabupaten Asahan. 

Bupati Asahan Surya, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution M. Si, mengatakan Nuzulul qur'an bukan hanya sekedar simbol turunnya kita suci al qur'an, namun dapat menjadi momen kebangkitan umat. 

"Al-Qur'an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup bagi seluruh umat islam, "katanya. 

Sekdakab Asahan, John Hardi Nasution, mengatakan bahwa ada tiga makna yang terkandung dalam peringatan nuzulul Qur'an diantaranya yang pertama, membudayakan membaca Al Qur'an bagi kaum muslimin, kedua masyarakat mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dalam Al Qur'an serta yang ketiga masyarakat dapat berfikir logis dan bertindak sesuai hukum yang terkandung dalam kitab suci Al Qur'an. 

"Membaca al Qur'an harus dijadikan kebiasaan setiap hari, bukan hanya sekedar dapat membaca, namun harus tahu arti dan mengamalkan al Qur'an dalam kehidupan dan makna Nuzulul Qur'an juga memiliki makna sosial dan menguasai ilmu pengetahuan maupun teknologi.

Malam Nuzulul Qur'an tersebut diisi ceramah agama yang disampaikan oleh Al Hafidz Ustadz Yunus Silalahi, Lc, MA. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini