Wakil Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RPJPD 2025-2045 Sumatera Utara

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut tahun 2025-2045 di aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (29/4/2024).

Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hasanuddin, mengatakan Musrembang RPJPD ini mengusung tema Sumatera Utara Unggul Maju dan Berkelanjutan.

"Tema ini harus kita implementasikan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, "katanya.

Pj Gubsu Hasanuddin mengatakan bahwa visi RPJPD tahun 2025-2045 juga mengusung delapan sasaran yang mencakup pendapatan per kapita penduduk, pengurangan tingkat kemiskinan serta ketimpangan, peningkatan peran dan posisi di tingkat nasional maupun global, peningkatan daya saing sumber daya manusia, dan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca.

Dikatakannya, capaian Pemprov Sumut berhasil menuntaskan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumut yang merupakan tertinggi ketiga di wilayah Sumatera yakni 75,13. Laju pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 yang mencapai 5,01%, dan tingkat kemiskinan yang berada pada angka 8,15%.

"Sumut memiliki empat zona yaitu zona pantai timur, pantai barat, dataran tinggi dan Kepulauan Nias. Untuk itu, zona tersebut kunci pengembangan yang kita clusterkan untuk menjadikan kolaborasi yang bagus, "ujar Pj Gubsu Hasanuddin menambahkan.

Terpisah. Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, M.Si dalam keterangannya mendukung kegiatan Musrenbang RPJPD Provinsi Sumut tahun 2025-2045.

"Siap mendukung RPJPD Provinsi Sumut tahun 2025-2045 dan akan terus memaksimalkan potensi yang ada serta berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dalam menyelesaikan perencanaan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, "sebutnya.

Musrembang tersebut dihadiri Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negri Horas Maurits Panjaitan dan kepala daerah se-provinsi Sumut. (SRT/MSC)

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini