Nikson Nababan Akan Terapkan Konsep Smart City & Smart Village Untuk Membangun Sumatera Utara

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Nikson Nababan, mantan Bupati Tapanuli Utara dua periode, akan menerapkan dan mengembangkan konsep "Smart City" dan "Smart Village" untuk membangun Sumatera Utara dengan fokus pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan efisiensi layanan publik jika dirinya nanti terpilih sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara mendatang. 

Hal ini dikatakan Nikson Nababan usai menyerahkan berkas pendaftaran untuk menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan ( DPW PPP) di Jalan Raden Saleh No 11 Kelurahan Kesawan Medan, Sabtu (18/5/2024) siang, yang diterima langsung oleh Ketua Tim Penjaringan Gubernur dan Wakil Gubernur PPP, Jhonson Sihaloho.

Dijelaskan Nikson Nababan, yang juga Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),  konsep ini melibatkan integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk berbagai aspek kehidupan, termasuk administrasi pemerintahan, pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Dalam konteks "Smart City" Nikson Nababan berfokus pada pengembangan infrastruktur digital yang memungkinkan pemerintahan kota untuk lebih responsif dan transparan. Ini termasuk pengelolaan data kota secara real-time untuk meningkatkan layanan publik, seperti manajemen lalu lintas, keamanan, dan pengelolaan limbah.

Sementara itu, Smart Village ditujukan untuk desa-desa dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan dasar. Hal ini dilakukan melalui digitalisasi layanan, peningkatan konektivitas internet, dan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknologi.

Konsep ini juga melibatkan penerapan solusi teknologi yang sesuai dengan konteks lokal untuk meningkatkan ekonomi desa, misalnya melalui e-commerce dan sistem pertanian cerdas.

Secara keseluruhan, inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara perkotaan dan pedesaan serta mempromosikan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan seperti yang pernah diterapkan ketika dirinya menjadi Bupati dua periode di Kabupaten Tapanuli Utara,' terangnya.

Ditambahkannya, kalau Desa maju otomatis Kota pun akan maju, dan boleh dilihat desa desa di Tapanuli Utara ketika saya memimpin disana, dapat dilihat pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan semuanya terbangun dengan baik, dan saya juga meminta kepada seluruh Kepala Desa disana agar jangan membangun kantor desa dulu dengan menggunakan anggaran Dana Desa, akan tetapi bangunlah jembatan dan jalan untuk memudahkan masyarakat untuk kebutuhan transportasinya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Gubernur dan Wakil Gubernur Partai Persatuan Pembangunan Jhonson Sihaloho ketika menerima berkas Nikson Nababan mengatakan, antara PDIP dan PPP sudah banyak sejarah dalam berkoalisi baik didalam Pilpres maupun Pilkada, ' terangnya.

Jadi jika kader PDIP mendaftar ke PPP itu sudah terjalin sejarah yang panjang untuk kami bersama sama dapat membangun Sumatera Utara jika nantinya Pak Nikson Nababan dapat terpilih sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara, ujar Jhonson Sihaloho.

Dalam kesempatan ini selain memberikan berkas pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Nikson Nababan juga memberikan buku kepada Jhonson Sihaloho yang berisikan tentang Nikson Nababan ketika memimpin Tapanuli Utara berisikan Konsep dan strategi untuk memajukan Kabupaten Tapanuli Utara,'terang Nikson Nababan.(Bos/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini