Sail Nias 2019 Diharapkan Sedot 10 Ribu Wisatawan Lokal & Mancanegara

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Sail Nias yang akan dilangsungkan tanggal 2 sampai dengan 16 September 2019 merupakan event pariwisata positif bertaraf Internasional yang akan dilaksanakan Provinsi Sumatera Utara (Propsu), diharapkan dengan event Sail Nias 2019 ini, dapat menyedot serta mendatangkan 10 ribu pengunjung baik wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

Harapan ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara Ria Novida Talembanua didampingi Asisten III Bidang Aset dan Administrasi Umum, M Fitriyus, serta PPK Dinas Pariwisata Propsu Muklis kepada wartawan Sabtu (31/8/2019) sore, di Pressroom Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Medan

Ditambahkannya, Sail Nias 2019 kali ini agak istimewa karena penyelenggaranya selain Dinas Pariwisata Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, juga didukung lima Kabupaten yang ada di pulau Nias, lima ribu sampai dengan enam ribu orang diharapkan hadir saat launchingnya nanti.

Sementara itu, selain hotel yang berkapasitas delapan ratus kamar juga sudah diupayakan pembuatan hotel tenda dan home stay serta  ada juga yang membangun bungalow, demi suksesnya kegiatan Sail Nias ini kita manfaatkan semua fasilitas yang ada," ujar Ria.

"Hotel tenda kita siapkan didaerah pedalaman, dan telah disiapkan oleh Bupati Nias Selatan, karena ini event tingkat Nasional yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi seluruh kabupaten yang ada di pulau Nias ikut berpartisipasi serta seluruh kementerian ikut berpartisipasi untuk membangun sarana dan sarana seperti mck dan kamar mandi, semua menteri ikut mendukung karena ini program nasional, semua kamar mandi di lokasi dan kebersihannya sudah dilihat oleh  Wagubsu.

Sementara dari kementerian untuk kegiatan Sail Nias ini diketuai oleh Yasona Laoly selain persiapan fisik pihak penerbangan dari dan menuju pulau Nias pun, sudah diminta untuk ditambah, beberapa seat akan ditambah,oleh pihak maskapai penerbangan Garuda, City Link, baik dari Jakarta,Padang, Silangit dan Kualanamu.

Karena kalau terbang dari Kualanamu menuju Gunung Sitoli hanya 35 menit, dan setiap pihak penerbangan siap membantu dan menambah penerbangannya menuju pulau Nias," ujar Ria.

Fitriyus dalam kesempatan ini juga menambahkan, karena Sail Nias 2019 ini merupakan kegiatan wisata bahari, maka di daerah Sorake dan Teluk Dalam dibuat tenda, ada juga kamar dari kapal laut TNI AL yang bila perlu juga dapat digunakan," ujar Fitriyus.

Sail Nias tuan rumahnya satu pulau, yang paling banyak hotel berada  di Gunung Sitoli, lomba voly dan memancing akan dilakukan di Nias Barat.

Berbagai persiapan seperti pembuatan kamar mandi dan jalan setapak kita buat setelah Sail Nias anggarannya hampir Rp 2 Milyar  kegiatan non fisik dilaksanakan di Nias dalam rangka Sail Nias 2019, souvenir dibuat di Bandung bermaskot burung beo dan bantal di lehernya sebanyak 1600 boneka beo Nias, pengrajinnya dari Kota Bandung, ditambah gelas baru kita buat disini," ujar Muklis PPK dari Dinas Pariwisata Provsu .

Hadir dalam konferensi pers ini Fitriyus Asisten III Bidang Aset dan Administrasi Umum, Kadis Pariwisata Propsu Ria Novida Talembanua, Muklis PPK Dinas Pariwisata, Kabag Humas M Ikhsan, Kabag Pelayanan Media Harvina Zuhra serta puluhan wartawan yang bertugas di Kantor Gubernur Sumatera Utara.(Cok/MS)


Share:
Komentar

Berita Terkini