Pertamina Budayakan Keselamatan Kerja Melalui  "Ucok Warrior"

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pertamina terus berupaya membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja salah satunya dengan menggelar "Ucok Warrior".

Ucok Warrior merupakan kegiatan edukasi keselamatan dan kesehatan kerja yang dikemas dalam sebuah kompetisi agar lebih menarik.

Demikian Pjs. General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Himawan pada pembukaan kegiatan "Ucok Warrior" di kantor Pertamina MOR I, Selasa (25/2/2020).

"Melalui kegiatan ini, saya harap 12 aturan keselamatan dapat menjadi bagian integral dari operasi kita sehari-hari," paparnya.

Sebagai perusahaan energi, sifat bisnis Pertamina berteknologi tinggi, membutuhkan kapital yang besar, dan tidak terlepas dari resiko yang tinggi.  Karenanya, kesehatan dan keselamatan kerja menjadi harga mati.

Ucok (Unlimited Challenge of Knight) Warrior melombakan beragam kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Di antaranya simulasi implementasi logout tagout (LOTO), bekerja di ketinggian, simulasi korban tenggelam dan pertolongan pertama, operasi lifting, mengemudi defensif serta ketangkasan dalam penanggulangan awal keadaan darurat.

"Ucok Warrior merupakan yang pertama dilaksanakan di Pertamina MOR I. Kegiatan ini diikuti oleh 120 pekerja dari seluruh wilayah operasi Pertamina MOR I di lima provinsi," papar Ivonne Deasy, Manager Health, Safety, Security & Environment (HSSE).

Kegiatan ini, lanjut Ivonne, dikemas dalam bentuk permainan ataupun tantangan agar menarik para pekerja untuk turut berpartisipasi. Dengan tingginya minat pekerja, diharapkan tujuan dari Ucok Warrior untuk mengedukasi keselamatan kerja di lingkungan kerja Pertamina dapat tersampaikan secara lebih maksimal.

Pada kesempatan itu, diberikan juga penghargaan kepada lokasi operasi yang konsisten menerapkan K3. Diantaranya penghargaan bagi Fuel Terminal Manager terbaik di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, lokasi operasi dengan kinerja HSE terbaik, dan implementasi fit to work terbaik.

Ucok Warrior merupakan bagian dari peringatan  bulan K3. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Behaviour Based Safety, HSSE Experience Zone, Campaign SPBU di Sumbar, Paramedic Upskilling, dan Workshop Upskilling HSSE.(Irn/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini