Antisipasi Corona, Unimed Alihkan Pembelajaran Tatap Muka Jadi Daring

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Beberapa perguruan tinggi di Medan mulai meniadakan perkuliahan tatap muka  di kampus, hal ini  untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).  Salah satunya di Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Rektor Unimed , Dr Syamsul Goltum (foto) telah menerbitkan surat edaran kepada  seluruh civitas dan jajarannya, Senin (16/3/2020) yang berisikan sejumlah ketetapan di antaranya  pengalihan kegiatan belajar mengajar menjadi sistem daring dan penugasan.

Kebijakan tersebut,  menghindari kontak fisik antarorang di kampus  sejak  17 Maret hingga  3  April 2020.

"Ini  bukan berarti kami meliburkan belajar mengajar, tapi kami alihkan menjadi sistem daring atau penugasan terstruktur dari dosen," paparnya.

Selain mengganti sementara sistem perkuliahan dari tatap muka menjadi daring, pihak kampus juga menunda seluruh kegiatan dosen maupun mahasiswa yang akan keluar negeri dan daerah lainnya.

"Langkah ini  sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona di Unimed. Kuliah  di Unimed dialihkan dalam bentuk E-Learning, Vi-Learning, Mailing List, WA Group, Line, Skype atau sejenisnya,” ungkapnya.

Praktikum (laboratorium, bengkel, studio, sanggar, microteaching) akan dilaksanakan dengan bentuk pemberian tugas lain yang relevan sesuai dengan capaian perkuliahan. Perkuliahan lapangan (KKN, PKL, PPL, Magang, Perkuliahan Mahasiswa/dosen) untuk sementara waktu di kompensasi dalam bentuk kegiatan lain.

Kemudian UTS dan UAS dilaksanakan secara online. Ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian skripsi, tesis, dan disertasi, ujian konprehensif, tetap diadakan namun hanya dihadiri oleh mahasiswa yang di uji dan pengujinya yang telah memenuhi protokol WHO atau dalam dilakukan secara online.

Rektor  mengatakan keputusan ini  diambil sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan Unimed.

”Kita berharap langkah ini akan membawa kebaikan bersama bagi seluruh civitas akademika Unimed, dan semoga tidak akan ada warga Unimed yang terjangkit virus Corona nantinya,” paparnya .

Katanya,  perkuliahan dalam bentuk daring atau e-learning dan menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak massa banyak di kampus, adalah langkah aktif untuk pencegahan.

Lebih lanjut, sebut rektor,  dalam perubahan ini, pihaknya  telah mempersiapkan kesiapan dosen semua pasilitas agar perkuliahan dalam bentuk daring dapat berjalan secara efektif dan tidak akan mengurangi efektivitas proses perkuliahan, serta proses ini tetap sesuai dengan capaian perkuliahan setiap mata kuliah.

Tidak hanya Unimed, USU  juga meniadakan kuliah tatap muka dan menggantinya secara online.

Rektor USU juga mengeluarkan  kebijakan kuliah online, hal  mengurangi risiko penyebaran virus dapat diminimalisir dengan tetap menjaga kegiatan perkuliahan.(Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini