-->

Pemkab Karo Salurkan Bantuan Paket Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Covid -19 berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Guna penanganan sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bagikan ribuan paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan sebagai bantuan dalam program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang merupakan refocusing bencana covid-19 APBD Kab.Karo tahun anggaran 2020, Senin (11/5/2020).

Masyarakat kabupaten Karo terdampak covid-19 yang telah lama menanti bantuan akhirnya bernafas dapat lega. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bagikan sembako bagi masyarakat terdampak pendemi virus corona  dari program Program JPS alokasi dana dari refocusing bencana covid APBD Kab.Karo T.A 2020.

Bantuan sembako ini bagi masyarakat yang tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Bantuan Sosial Tunai BST maupun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD).

Bantuan sosial penanganan dampak Covid-19 ini Pemkab Karo menyalurkan paket sembako senilai Rp 225.000 per KK yang disalurkan melalui kelurahan dan Kepala Desa. Tahap awal penyaluran bagi 6.827 KK atau masyarakat penerima manfaat di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, selanjutnya menyusul Kecamatan Berastagi dan Kecamatan lainnya.

Total penerima bantuan paket sembako program JPS ini sebanyak 42.699 KK dengan Anggaran sebesar Rp 9.607.275.000. Bupati Karo Terkelin Brahmana beserta Forkopimda dan sejumlah OPD Kabupaten Karo secara simbolis memberikan bantuan sembako tahap awal di depan Kantor Camat Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Terkelin Brahmana saat peluncuran pertama truck pengangkut bantuan sosial sembako Covid-19 Pemkab Karo menjelaskan bahwa paket sembako ini harus tepat sasaran kepada masyarakat atau Keluarga Penerima Manfaat yang benar membutuhkan bantuan Covid-19.

Penyerahan secara bertahap dengan pengawalan TNI POLRI. Pendataan Keluarga Penerima Manfaat JPS ini oleh perangkat Kelurahan dan Kepala Desa. Untuk itu harus di tinjau lansung kondisi masyarakatnya. Jangan ada penyelewengan maupun permainan data masyarakat penerima.

“Penyerahan awal di berikan kepada KK terbanyak di 5 Kelurahan yakni Padang Emas, Gung Leto, Gung Negeri, Kampung Dalam dan Lau Cimba Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Sesuai dengan arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, setiap KK diberikan bantuan sebesar Rp 225.000, yang dicairkan dalam bentuk sembako.

Jadi bantuan awal ini kita berikan untuk warga terbanyak di Kecamatan Kabanjahe yang terdampak Covid-19. Bantuan ini bersumber dari APBD Kab.Karo yang di Refocusing untuk penanganan sosial dampak Covid-19 dengan pencairan bansos sebesar Rp 9.607.275.000," Kata Terkelin Brahmana.

"Teknis penyerahan seluruhnya oleh Lurah dan Kepala Desa. Namun demikian agar tepat sasaran Pemkab Karo melibatkan pengamanan dari TNI PORLI.

Hal ini agar tidak ada penyelewangan oleh oknum Lurah, Kepala Desa maupun perangkatnya. Di minta seluruh Lurah, Kepala Desa beserta perangkatnya bermain cepat untuk membagikan sembako yang tepat sasaran. Pendataan berasal dari Kelurahan dan Kepala Desa maka ditegaskan agar tidak main main dalam data demi keuntungan pribadi.

Kalau ada masyarakat terdampak yang belum terdata nantinya akan di koordinasikan kepada Kelurahan dan Kepala Desa masing-masing," jelas Terkelin Brahmana. (SKR/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini