USU Masuk Peringkat Tujuh Versi Paten 2019

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) hingga Desember 2020 menargetkan akan memohon penerbitan 50 sertifikat paten. Sebelumnya, pada Januari hingga Juni 2020 USU sudah memohon dan menerbitkan 25 paten.

Demikian Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum di Medan, Senin (29/6/2020).

Diharapkan tahun 2020 peringkatnya melebihi tahun sebelumnya di mana USU masuk dalam peringkat tujuh versi Paten 2019 Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Kita berterima kasih kepada Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkum dan HAM yang sudah merilis permohonan Paten USU yang dengan 96 jumlah permohonan,” ungkapnya.

Lanjut rektor, sementara di 2017 USU belum masuk 10 besar, di 2018 berada di peringkat 10. Jumlah paten USU yang terbit di 2019 sebanyak 35 paten.

"Sedangkan untuk 2020 dari Januari hingga Juni jumlah Sertifikat Paten USU yang sudah terbit 25 paten. Diprediksi jumlah sertifikat paten yang terbit hingga Desember 2020 bisa mencapai 50 paten," paparnya.

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan salah satu aspek yang mendukung keunggulan dan daya saing perguruan tinggi.

Demikian halnya yang dilakukan USU yang berkomitmen penuh untuk mendukung para dosen dan penelitiannya dalam mendapatkan hak paten.

Dengan demikian maka tujuan dari hak paten tersebut antara lain adalah bermaksud untuk memberikan perlindungan hukum atas setiap karya intelektual sehingga terjamin hak kepemilikan pemegang paten.

"Ia berharap semoga dalam kegiatan ini akan menambah secara signifikan jumlah paten granted yang diraih USU tahun ini," paparnya. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini