Bupati Asahan Lantik Pejabat Administrator & Pengawas di Lingkungan Pemkab Asahan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan H. Surya, BSc mengambil sumpah janji dan pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Hal ini sesuai dengan surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 71.8 - BKD - Tahun 2020 Tentang pemberhentian dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dari dan dalam Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Pengambilan sumpah janji dan pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan yang dipusatkan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (17/7/2020), di hadiri oleh Asisten Pemerintah dan Keserjahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan, OPD dan Camat se-Kabupaten Asahan,

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan kepada saudara Lukman Hakim, S. Ag, M. Si dan Khualid Armansyah Lubis, S. Sos yang telah dilantik sebagai Camat pada hari ini, saudara harus segera belajar dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja serta lingkup kerja saudara, saudara harus paham bahwa seorang Camat memiliki peran sebagai koordinator penyelenggara Pemerintahan di wilayah kerja Kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan Pemerintahan dari Bupati untuk menangani sebagaian urusan otonomi daerah, dan menyelenggarakan tugas umum Pemerintahan.

Bupati Asahan juga mengatakan, dalam menyambut pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 kedepan nantinya, peran seorang Camat adalah sebagai koordinator untuk melakukan fungsi pembinaan dan pengawasan ditingkat Desa dan Kelurahan, seorang Camat harus cermat memaksimalkan fungsinya dengan melakukan pendekatan dan komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, petugas keamanan dan lain sebagainya untuk menjaga stabilitas daerah setempat, serta Camat harus mampu mendeteksi secara dini hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin akan terjadi, terlebih ditahun politik ini.

Selanjutnya Bupati Asahan menyampaikan, kepada saudara Pejabat Pengawas yang dilantik pada hari ini, yang seluruhnya merupakan wajah baru pada jabatan administrasi, saudara harus banyak belajar dari pejabat-pejabat pengawas yang berada dalam satu bidang kerja saudara, karena mereka sudah lebih dahulu menjalani fungsinya dalam jabatan administrasi, pelajari dan ambil setiap kelebihan-kelebihan yang mereka miliki yang dapat saudara tiru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi saudara, pelajari segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta peraturan pendukung lainnya, hal ini sangat penting untuk saudara lakukan, karena hal ini yang dapat menghindari saudara dari segala permasalahan yang berpotensi terjadi kedepannya.

Bupati Asahan juga mengingatkan kepada para ASN yang baru dilantik agar mengecamkan dalam hati bahwa jabatan ini akan berakhir dan dipertanggungjawabkan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Pemahaman yang mendalam tentang konsep inilah yang akan melahirkan seorang pemimpin dengan tingkat kesadaran yang tinggi dan kematangan diri dalam semua sisi. Oleh karena itu ingatlah beberapa hal berikut ini.

Pertama, rendah hatilah dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri. Dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati.

Dua, jaga loyalitas dalam menjalankan amanah. ASN harus tetap loyal dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis Kepala Daerah sebagai pimpinan tertinggi dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Asahan.

Ketiga, bersiaplah menerima dengan lapang dada aneka kritik yang membangun maupun kritik yang memojokkan saudara. Jadikan kritikan tersebut menjadi alat untuk membuat diri saudara jadi lebih baik lagi. Diam dalam menghadapi kritikan jauh lebih elegan dari pada sibuk menghakimi, mencari kambing hitam ataupun mengumbar kesalahan orang lain.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya Bupati Asahan berpesan kepada ketua tim penggerak PKK Kecamatan agar lebih memahami apa yang menjadi 10 program pokok PKK, buat inovasi dan terobosan baru, terlebih di masa pandemi covid-19 ini.

Pada kesempatan ini juga para ASN yang baru dilantik diberikan tausiah agama oleh Al-ustadz H. Ahmad Qosim Marpaung yang mengajak untuk selalu melakukan perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.
Share:
Komentar

Berita Terkini