Keluarga Merupakan Lembaga Pendidikan Non Formal

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pendidikan terbagi atas beberapa bagian yakni  formal, informal dan nonformal. Keluarga juga merupakan lembaga pendidikan non formal yang dideklarasikan pemerintah secara resmi.

Demikian Prof Syawal Gultom pada forum penyusunan panduan optimalisasi peran orangtua dalam mendampingi anak belajar dari rumah, kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang A Biro Rektor Universitas Negeri Medan ini merupakan inisiatif Kepala dinas pendidikan Kota Medan an Adlan SPd, MM dan Kepala Dinas Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus, SE MPd untuk meminta advokasi Unimed atas draf yang telah disusun baik dalam pelaksanaan PJJ maupun optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah.

Ia mengatakan sejak tahun 80-an dengan dinyatakan peran keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama ini belum pernah secara maksimal kan dilakoni.

Karena itu masa pandemi covid yang mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan momentum yang sangat tepat untuk menegaskan kembali peran keluarga/rumah sebagai sekolah bagi anak-anak mereka. "Sekaligus menggungah dan mendorong para orangtua untuk berperan aktif dalam melaksanakan PJJ. Tanpa sinergi antara rumah dan sekolah, atau guru dan orangtua, PJJ tidak akan berjalan secara optimal," paparnya.

Bahkan sulit mencapai keberhasilan dari proses pembelajaran online yang dilakukan. "Memang kita harus akui, untuk tingkat SD yang nominan arah pembelajarannya pada tataran pembentukan karakter. Namun dengan kondisi pandemic yang menuntut kita harus melaksanakan PJJ, jika proses pembelajaran yang dilakukan didukung oleh semua unsur yang melingkupi PJJ ini seperti guru orang tua dan siswa dapat bersinergi secara maksimal. "Pastinya akan memaksimalkan capaian pembelajaran yang sesuai harapan bersama," harapnya. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini