-->

Mendikbud Harapkan Civitas USU Berkontribusi Bangun Bangsa

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Civitas akademika Universitas Sumatera Utara (USU) dan alumni diharapkan memberikan kontribusi membangun negeri melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka untuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul menuju Indonesia maju.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Medikbud) RI  Nadiem Anwar Makarim pada Peringatan Dies Natalis ke-68 Tahun USU secara daring, Senin (19/10/2020).

‎”Semua lulusan USU mampu berpikir merdeka. Ini sangat penting,” ujarnya.

Nadiem menambahkan ‎sejalan dengan visi dan misi USU untuk menghasilkan lulusan menjadi pelaku perubahan. Ia menyarankan para civitas dan akadimika USU, harus mampu berkiprah dalam segala bidang dan terbaik dibidangnya.

“Kembali ke kampus dengan segala bidang dan pengalaman. Semangat kampus merdeka adalah untuk menghadirkan sebanyak-banyak mungkin lulusan terbaik mengirim ke dalam kampus dan sebanyak mengirim mahasiswa dan dosen keluar kampus,” ungkap Nadiem.

Ia juga mengucapkan selamat atas dies natalis ke-68 USU. Ia mengingatkan bahwa perayaan ini merupakan momentum untuk melakukan refleksi atas segala hal yang telah dicapai.

“68 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk USU membuktikan komitmen dan kontribusinya terhadap dunia pendidikan dan masyarakat. 

Sejalan dengan misi USU untuk menghasilkan lulusan yang menjadi pelaku perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, saya mengajak civitas akademika USU dan lulusannya untuk terus berkiprah di segala bidang dan menjadi yang terbaik pada bidangnya. Kembalilah ke kampus dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan dari dunia luar,” imbau Mendikbud.

Ditambahkan Nadiem, semangat Kampus Merdeka adalah untuk menghadirkan sebanyak mungkin praktisi, lulusan-lulusan terbaik ke dalam kampus serta mengirimkan sebanyak mungkin mahasiswa dan dosen ke luar kampus.

“Ini sangat penting, agar lulusan USU betul-betul siap kerja. Tidak hanya menguasai teori, tetapi juga bisa berkontribusi. Yang terpenting, agar lulusan USU selalu merdeka dalam berpikir dan selalu belajar sepanjang hayat,” kata Nadiem.

Menteri juga berharap agar USU tetap bersinergi dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka. “Semoga USU tetap mengawal kemajuan ilmu pengetahuan dan para lulusannya mampu menjadi penggerak masyarakat dan mampu bersaing secara global,” harapnya.

Sebelumnya Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, dalam laporannya pada Sidang Terbuka Universitas Sumatera Utara dengan acara tunggal Dies Natalis ke-68 yang ditayangkan live premiere di akun youtube official USU, Senin (19/10/20). 

Di masa sulit di tengah pandemi Covid-19 ini, USU terus berupaya agar kehidupan akademik kampus tetap dapat menghasilkan lulusan, cendekia, dan karya-karya inovasi terbaik untuk bangsa. 

Walaupun kegiatan akademik sebagian besar masih dilakukan secara daring dan pertemuan fisik masih terbatas pada kegiatan administrasi dengan mengikuti protokol kesehatan, namun seluruh civitas academika USU tidak akan berpangku tangan. 

Hadir memberikan orasi ilmiah Menteri Kesehatan RI Letjend TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto Sp Rad (K). Perayaan Dies Natalis ke-68 USU tahun 2020 mengambil tema “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Untuk SDM Unggul Menuju Indonesia Maju.

”Dalam Dies Natalis ke-68 USU, Rektor Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, juga memberikan penghargaan kepada para tokoh dari keluarga besar USU yang telah berperan penting dalam membangun USU selama ini. 

Antara lain diberikan kepada keluarga Rektor USU Periode 1986-1994  Prof Dr M Jusuf Hanafiah Sp OG (K), keluarga Rektor USU Periode 1995-2010 (Alm) Prof dr H Chairuddin P Lubis DTM&H Sp A (K) dan kepada Ketua Majelis Wali Amanat USU Drs H Panusunan Pasaribu MM.(Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini