Capaian Kinerja Runtung Sitepu Melebihi Target

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Capaian Kinerja Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum selaku Rektor USU Periode 2016-2021 yang akan mengakhiri jabatannya pada 21 Januari 2021 mendatang, melebihi yang ditargetkan.

Hingga di penghujung kepemimpinannya, USU terus mengukir prestasi salah satunya pada 25 November 2020 masuk dalam Asia Ranking yang pertama kali diraih USU.

Demikian Rektor USU Medan Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum kepada wartawan ketika ditemui di Biro Rektor, kemarin.

Dikatakannya, meski  kepemimpinannya akan berakhir, namun ia terus membawa USU lebih maju dengan capaian prestasi-prestasi hingga melampaui target kinerja semasa menjabat sebagai rektor periode 2016-2021.

“Kita sudah masuk ke dalam peringkat 501-550 Asia University ranking, berarti seluruh tugas dari rektorat pimpinan periode 2016-2021 sudah melebihi dari kontrak kinerja,” ucapnya sambil tersenyum.

Dikatakan, prestasi ini sangat membanggakan dan untuk pertama kali dalam sejarah USU masuk dalam Asia University Ranking. 

“Saat ini USU sedang bekerja keras masuk dalam pemeringkatan QS University Rangking dan itu sedang dikerjakan dimana komponen penilaiannya lebih dari Asia, dan bersaing dengan seluruh perguruan tinggi yang ada di dunia,” ungkap Prof Runtung seraya menyebutkan capaian ini berkat kerja sama semua, kerja cerdas semua civitas akademika USU.

Berikutnya, ungkap Prof Runtung, tahun ini dua dosen USU masuk dalam ilmuwan top di dunia yaitu Prof  Mahyudin KM Nasution MIT PhD (Wakil Rektor 3 USU) bidang pengabdian masyarakat Sumatera Utara dan Prof Dr Ir Binsar Ambarita.

“Jadi ada dua dosen kita yang masuk ke dalam dua persen ilmuwan top dunia dari Indonesia, tentu ini sangat membanggakan juga bagi kita walaupun ada teman-teman kita dari perguruan tinggi negeri lain lebih dari dua, ada yang saya lihat lima, ini juga merupakan kebanggaan USU  serta masyarakat Sumut karena kita tunjukkan bahwa kita juga tidak jauh ketinggalan dari teman-teman kita perguruan tinggi terkemuka terutama di pulau Jawa,” tegasnya.

Kemudian prestasi lain USU terpilih dalam penganugerahan keterbukaan informasi publik yang diumumkan Wakil Presiden Republik Indonesia tanggal 25 Nopember 2020, dengan kategori cukup informatif.

“Kategori informasi ini adalah yang pertama, tapi ada lebih tinggi lagi, tapi kita sudah cukup bangga dengan pertama masuk ke dengan kategori sebagai cukup informatif, jadi ini 3 hal ini adalah merupakan prestasi dari seluruh civitas akademika USU,” ujarnya. 

50 Guru Besar

Prof Runtung menambahkan, saat ini USU akan memiliki 50 guru besar yang tersebar di seluruh fakultas yang ada.

“Dan dapat juga saya sampaikan bahwa Alhamdulillah sejak tanggal 21 Januari 2016 sampai hari ini tanggal 26 November 2020, bisa kita tuntaskan 50 orang profesor yang akan segera kita kukuhkan,” katanya.

Saat ini sudah dikukuhkan sebanyak 43 orang dan menyusul 7 orang untuk menjadi 50 orang yakni 2 dari Fakultas MIPA, 1 Ilmu Budaya, 1 Fakultas kedokteran, 1 dari Fakultas Fisip dan 1 dari Fakultas Kehutanan.

“Fakultas Kehutanan pertama kali dan memecahkan rekor Prof Dr Muhammad Basumi yang orangnya sangat produktif dan kemarin masuh ke dalam peringkat 14 terbaik dari 500 peneliti terbaik di Indonesia pada bulan Mei 2020,” sebut Prof Runtung.(Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini