Deliverinovasi dan Sertifikat Inovasi Daerah Kabupaten Karo Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Tantangan semakin kompleks, Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH,MH menekankan kepada ASN Pemkab Karo agar kedepannya ASN jajaran Pemkab.Karo harus lebih pro-aktif dalam menyesuaikan dengan pimpinan, termasuk pimpinan Bupati Karo nantinya. Tuntutan ini berhubungan dengan terobosan inovasi bagi setiap ASN. Dengan harapan bisa segera menyesuaikan dengan pimpinan dengan satu arah, bukan pimpinan yang menyesuaikan.

Hal ini dikemukakan Bupati Karo saat membuka kegiatan Deliverinovasi Daerah Kabupaten Karo Tahun 2020 dan penyerahan Sertifikat Inovasi Daerah Tahun 2019, Senin (30/11/2020), di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Kab.Karo Sumatera Utara.

Turut pada kegiatan ini, Asisten II Setdakab Karo Dapat Kita Sinulingga, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, dan Kepala Dukcapil Susi Iswara Br Bangun. Juga para camat dan kepala puskesmas se-Karo serta para OPD Pemkab.Karo.

Menurut Terkelin Brahmana,SH,MH bahwa inovasi daerah merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja, dengan sasaran mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik.

“Bentuk dan ragam inovasi ada melalui inovasi tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik. Tinggal bagaimana ASN menjabarkan dan melaksanakan dengan azas good government,” ujar Terkelin Brahmana.

 "ASN juga harus mengikuti model berinovasi yang terkenal dengan sebutan 5D. Yakni Drump-Up, Diagnose, Design, Deliver dan Display," lanjutnya

Komitmen ini telah teruji. Sehingga saat ini indeks inovasi Pemkab Karo mendapat perhatian publik dan kabupaten lain, yang meraih rangking ke-3 Indeks Inovasi se-Sumut. Sedangkan kategori nasional rangking 98 se-Indonesia.

Menyikapi OPD Kab.Karo yang berhasil juara, tentu mendapatkan penghargaan dan sekaligus penandatangan kontrak kerja inovasi tanda komitmen antara inovator dengan perangkat daerah dan kepala puskesmas dengan kepala daerah.

Pada penghujung acara, Bupati Karo bersama Asisten II Dapat Kita Sinulingga, menyerahkan Sertifikat Inovasi Daerah Tahun 2019 kepada juara 1, 2, dan 3 khusus perangkat daerah yang diraih oleh Dinas Bappeda, Dinas Dukcapil dan Dinas Pemberdayaan Perempuan.

Sedangkan juara tingkat inovasi puskesmas adalah Puskesmas Berastagi, Tigabinanga, dan Korpri. Kemudian tingkat Kecamatan, yakni Camat Tiganderket, Camat Payung, dan Camat Merdeka.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini