-->

Pemkab Karo & PWI Selenggarakan UKW Angkatan ke-32

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Serangkaian Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, Pemerintahan Kabupaten Karo dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-32 pada Kamis-Jumat (03-04/11/2020) di Grand Orri Hotel Berastagi, Kab.Karo.

Melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kab.Karo bersama PWI Kab.Karo menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi insan pers dengan tujuan :

1. Meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan.

2. Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.

3. Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.

4. Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.

5. Menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.

6. Menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.  

Bupati Karo Terkelin Brahaman,SH, MH melalui Kabag Humas dan protokol Setdakab Karo Frans Leonardo Surbakti SSTP dalam kata sambutannya menyampaikan “Selamat kepada rekan-rekan wartawan yang mengikuti UKW, semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah wawasan serta kompetensi wartawan”.

Acara selanjutnya Pra UKW dengan penjelasan materi oleh Dewan Pers dan PWI Pusat dengan pemaparan kualitas berita, Kode Etik Jurnalis, undang undang pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Dalam materi uji PPRA ini terkait pelanggaran hukum memberitakan identitas anak di bawah umur (-18 tahun).

Penguji UKW PWI angkatan ke-32 yang merupakan UKW perdana di Kabupaten Karo ini antara lain Wakil Ketua Dewan Pers Henry CH Bangun, Ketua bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat H Oktaf Riadi SH, Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE dan pengurus PWI Sumut lainnya.

Peserta UKW 36 (tiga puluh enam) jurnalis yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Karo, juga berasal dari Kabupaten Dairi, Paluta, Siantar dan Kota Medan. Selama 2 (dua) hari seluruh peserta terlihat antusias mengikuti arahan dan menjawab pertanyaan penguji pada setiap sesinya.

Salah satu peserta UKW Rudi Sinaga Jurnalis Metro TV mengapresiasi Pemkab Karo bekerja sama dengan PWI Kabupaten Karo yang telah memfasilitasi Wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan tanpa ada biaya apapun. Dengan UKW ini tentunya menambah wawasan, meningkatkan SDM dan profesional wartawan dalam tugas jurnalistik. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini