-->

Gubsu & Bupati Karo Panen Kentang Bersama Masyarakat Lingkar Gunung Sinabung

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - .Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di dampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting panen kentang jenis granola milik masyarakat di Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Selasa (16/2/2021) pukul 15.00 WIB. 

Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Provsu Ny. Nawal Edi Rahmayadi, menuturkan memanen kentang sangat menyenangkan.Kunjungan dan panen kentang ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah guna peningkatan hasil pertanian maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

"Saya bisa langsung rasakan mencabut hasil tanaman kentang. Dan hasilnya cukup memuaskan, dimana kentang tersebut buahnya memiliki kualitas yang bagus dan cukup besar," tutur Edy.

"Untuk itu kita mendukung keberadaan petani masa pandemi ini, agar kedepannya tetap menghasilkan kentang yang berkualitas dan mendunia, bahkan bukan kentang granola saja, namun cabai, jagung dan kol akan kita suport supaya dapat terkenal dan harga memuaskan bagi masyarakat petani," lanjut Gubernur.

"Dukungan kepada UMKM masyarakat yang dapat mengolah hasil pertanian menjadi sumbwr pendapatan baru, biasanya kentang hanya dijual di pasar, dengan UMKM dapat diolah menjadi keripik dan stik kentang yang nilai jualnya lebih tinggi," lanjutnya.

"Sebagai bukti, Pemprovsu mendukung sektor pertanian Kabupaten Karo, Dengan menyediakan sejumlah bantuan agar masyarakat dalam menggeluti pertanian khususnya menanam kentang, pemerintah Pemprovsu akan berikan pupuk kompos, pupuk cair dan alat pompa," tutup Edi Rahmayadi.

Turut mendukung peningkatan hasil pertanian dan UMKM masyarakat, Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting mengatakan bahwa perlu peran bersama guna memfasilitasi harga maupun pemasaran ekspor. Kentang jenis granola dari Kabupaten Karo Sumatera Utara telah memenuhi standar masuk dalam penjualan, tinggal masalah harga, inilah perlu peran pemerintah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sangat mengapresiasi warga Gung Pinto warga lingkar Gunung Sinabung yang berada di luar zona merah yang giat mengembangkan tanaman kentang jenis granola, sebagai pendukung dan peningkatan ekonomi.

"Dengan antusias petani, tanaman kentang granola ini cukup subur dan hasil buahnya berkualitas ekspor dan kentang dari kabupaten Karo selalu diminati pangsa pasar luar negeri. Bukan hanya kentang, hortikultura Kabupaten Karo seperti wortel, buah dan sayur lainnya kualitasnya diakui masih yang terbaik di Sumatera Utara, " tutup Terkelin Brahmana. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini