-->

Siswa SMAN-1 Medan Mulai Buat Akun Registrasi LTMPT

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Medan mulai mengarahkan siswa serta siswi kelas XII mempersiapkan diri mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 jalur undangan yang mulai dibuka tahapan seksinya awal Januari 2021.

Untuk tahapan awal para siswa diminta membuat registrasi akun Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LMPT).

Di SMAN 1 Medan seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 428 siswa diwajibkan membuat akun registrasi LMPT.

Demikian Kepala Sekolah (Kepsek SMAN-1 Medan Drs Suhairi MPd didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Sudirman Sormin MPd kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/2/2021).

Dikatakannya, seluruh siswanya kelas XII diinstruksikan untuk membuat akun di LMPT sebagai persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki tiga jenjang perekrutan mulai SNMPTN/jalur undangan, Seleksi Bersama Masuk Perguan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Untuk mengikuti ketiganya, seluruh siswa dan siswi harus memiliki akun registrasi di LMPT kalau mau masuk perguruan tinggi negeri.

Untuk jalur undangan atau SNMPTN ungkapnya, hanya 40 persen siswa yang pintar atau ranking di sekolahnya yang bisa ikut.

"Perangkingan dilakukan untuk pengetahuan kognitif mulai dari semester I sampai V," ungkapnya mengungkap untuk sekolahnya hanya dari 172 siswa yang bakal mengikuti SNMPTN ini. Dari jurusan IPA sebanyak 143 siswa dari 357 siswa sedangkan IPS 29 siswa dari 29 siswa," ungkapnya.

Beberapa hari ke depan, ungkapnya, sekolah akan melakukan perangkingan setelah seluruh siswa membuat membuat akun registrasi di LMPT.

Setelah diketahui jumlah siswa yang ikut, kemudian pihak sekolah akan melaksanakan sosialisasi.

Setiap siswa yang terpilih diarahkan untuk memilih jurusan yang berbeda meski PTN serupa.

Hal ini guna mencegah persaingan para siswa untuk bisa masuk ke jurusan serupa.

Dengan pencerahan ini diharapkan siswa paham sehingga para alumni sekolah ini bisa diterima semua PTN melalui jalur SNMPTN ini.

"Sangat disayangkan kalau hilang peluang siswa masuk PTN yang dimaksud dengan jalur undangan ini jika satu sekolah saling bersaing. Padahal jika tidak bersaing peluang masuk PTN favorit se-Indonesia terbuka lebar," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada penerimaan SNMPTN 2020 lalu, sebanyak 68 siswa lulus SNMPTN baik PTN maupun Politeknik serta vokasi. Sedangkan tahun 2019 sebanyak 71 siswa. 

"Paling banyak siswa memilih PTN di Jawa yakni ITB, setelah itu USU, Undip, Unand, Univeristas Brawijaya, UNPAD, UI dan UGM serta Polmed dan lainnya," ungkapnya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini