-->

Wisuda 827 Mahasiswa, USU Harus Mampu  Bertransformasi & Beradaptasi di Tengah Persaingan Industri 4.0

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) harus mampu bertransformasi dan beradaptasi, khususnya untuk merespons disrupsi dan hiper kompetisi di tengah persaingan Industri 4.0. 

Demikian Rektor USU Dr. Muryanto Amin SSos MSi dalam sambutannya pada Wisuda lulusan USU  Periode II TA. 2020/2021 secara daring (live YouTube), Senin (22/2/2021).

Dikatakannya, USU saat ini telah menyiapkan program-program strategis dalam rangka transformasi tersebut. Di antaranya, posisi USU yang saat ini memiliki banyak kemajuan dan prestasi, harus diimbangi dengan perbaikan-perbaikan yang sifatnya fundamental maupun teknikal secara berkelanjutan. 

"Fondasi akademik dan non-akademik perlu dikuatkan agar memiliki fleksibilitas dalam merespons perkembangan Industri 4.0 yang semakin cepat, karena Industri 4.0 menghasilkan disrupsi dan hiper kompetisi di segala lini kehidupan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikanya, dunia pendidikan tinggi saat ini dihadapkan kepada tantangan berat sejalan ditandai suasana era Revolusi Industri 4.0. 

Perguruan tinggi sebagai institusi yang berperan penting dalam menstimulasi manusia-manusia unggul agar mampu bersaing di kancah industri global, dituntut untuk menghasilkan alumni yang siap pakai, tangguh, profesional dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap seluruh dinamika yang berkembang. "Hampir semua sektor industri kini sudah didominasi  penggunaan teknologi yang mengutamakan manajemen digital, memangkas hambatan ruang dan waktu, termasuk dominasi sumber daya manusia," paparnya.

Kondisi demikian, ungkapnya, tentu menjadi titik fokus utama dari upaya yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam menyelaraskan materi pendidikan yang sesuai dengan perkembangan pasar yang sulit diprediksi dan menuntut adaptasi ketersediaan tenaga kerja yang high performance, high skill dan profesional. 

"Sejalan dengan  visi USU, sebagaimana tertulis dalam Rencana Jangka Panjang (RJP) dan Statuta USU, yakni menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga dipaparkannya, dalam memenangkan hiper kompetisi di era saat ini, USU harus fokus pada fondasi menuju pencapaian peringkat internasional dan implementasi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar. Lalu konsisten dalam melakukan kebaharuan serta adaptif dalam merespons segala perkembangan. 

"USU juga telah menyiapkan “Exist Program” yang akan diterapkan dalam kebijakan umum selama lima tahun yang akan datang. “Exist Program” tersebut di antaranya adalah Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance dan Sustainable Funding," jelasnya seraya mengungkapkan

tujuan kebijakan umum “Exist Program” dimaksudkan agar lulusan USU memiliki dua kompetensi sekaligus. Pertama memiliki moralitas serta ke-Indonesiaan yang kuat. Kedua, memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industri sekaligus mampu memberikan kontribusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat.

USU saat ini juga tengah mempersiapkan diri dalam penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri USU. Yakni melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), Seleksi Masuk Mandiri (SMM) dan Seleksi Masuk Program Diploma (SMPD). 

"Kami juga ingin menyampaikan dalam merespons kesulitan orang tua mahasiswa/i akibat terdampak Covid-19, sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, USU telah menyiapkan peraturan tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT/SPP) Dampak Covid-19 untuk Semester Genap Tahun 2020-2021. Pada kebijakan tersebut, mahasiswa yang orangtuanya mengalami kesulitan ekonomi diberi keringanan dalam pembayaran UKT/SPP. Keringanan ini kami berikan dalam bentuk pembebasan pembayaran, perubahan kelompok UKT serta dengan cara mengangsur. Tentu untuk mendapatkan keringanan ini harus mentaati prosedur dan peraturan yang berlaku," jelasnya.

Peserta wisuda daring USU Periode II Tahun Akademik 2020/2021 sebanyak 827 orang terdiri dari 312 orang (37.73 %) pria dan 515  orang (62.27 %) wanita. "Dapat kami informasikan  hingga saat ini jumlah lulusan USU adalah sebanyak 224.436 orang," tegasnya. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini